Wiku: Masyarakat Harus Terbuka Terhadap Informasi Covid-19

Wiku: Masyarakat Harus Terbuka Terhadap Informasi Covid-19

Terbaiknews - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakanmasyarakat harus terbuka terhadap informasi terutama dalam pelaksanaan pelacakan atau tracing. (satgas Covid-19)

– Kesadaran masyarakat dalam upaya penanganan pandemi Covid-19 sangat dibutuhkan. Mengakhiri pandemi tidak bisa hanya mengandalkan kerja pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, masyarakat harus terbuka terhadap informasi terutama dalam pelaksanaan pelacakan atau tracing. Dengan begitu, penularan virus bisa segera dicegah.

“Masyarakat juga harus terbuka untuk membantu petugas kesehatan dalam melakukan tracing. Kolaborasi pemerintah dan masyarakat adalah hal yang peting untuk menekan angka kematian,” kata Wiku.

  • Wamen BUMN Beberkan Tantangan Proses Pengadaan Vaksin Covid-19

Masyarakat yang merasakan gejala Covid-19 diminta segera melakukan tes ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan rujukan. Dengan cara itu, pemerintah bisa mengetahui langkah yang harus ditempuh apabila pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Masyarakat diminta tak perlu khawatir datang ke rumah sakit. Sebab biaya pengobatan Covid-19 seluruhnya ditanggung oleh pemerintah. Masyarakat hanya diminta terbuka jika melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19.

Lebih lanjut, Wiku menyampaikan, angka kematian akibat Covid-19 harus terus ditekan. Pasalnya, satu nyawa sangat berharga jika tidak bisa diselamatkan. Dengan kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah, maka upaya pengendalian akan semakin maksimal.

“Lakukan testing untuk pastikan status kesehatan. Jika postif ikuti arahan tenaga kesehatan untuk dapatkan penanganan dini sehingga bisa segera sembuh,” tandas Wiku.