Warga Desa Ini Berburu Batu Rak, dalam 3 Hari Terkumpul 5 Ton, Dijual Rp 20.000 Per Kg

Warga Desa Ini Berburu Batu Rak, dalam 3 Hari Terkumpul 5 Ton, Dijual Rp 20.000 Per Kg

Terbaiknews - KOMPAS.com - Sejak pekan laluramai cerita soal warga sebuah desa di Bangka Belitung berburu batu...

KOMPAS.com - Sejak pekan lalu, ramai cerita soal warga sebuah desa di Bangka Belitung berburu batu yang mereka sebut sebagai batu rak.

Mereka yang melakukan perburuan adalah warga Desa Kimak, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung (Babel). Mereka mengklaim batu rak bernilai jual karena mengandung timah.

Warga satu desa itu beramai-ramai mencari batu tersebut di lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang terletak di desa tersebut, sejak tiga hari yang lalu.

Kepala Desa Kimak, Mustofa, membenarkan adanya aktivitas warga yang beramai-ramai mencari batu rak.

Akan tetapi, dia menyebutkan, batu rak bukan barang yang baru bagi masyarakat di desa itu. Batu tersebut sudah dikenal warga setempat sejak masa Bangka Belitung menjadi sentra tambang timah terbesar di Indonesia.

"Lahan ini kan tanah wakaf untuk pemakaman umum. Sejak 10 tahun yang lalu kami sudah tahu kalau di sini ada kandungan batu rak itu," kata Mustofa saat dihubungi Kompas.com, Senin (8/2/2021).

Video Viral Paket Berserakan dan Disebut karena Mogok Karyawan, JT Express: Bukan di Indonesia

Berawal dari anak-anak yang kumpulkan batu

Hanya saja, Mustofa mengatakan, dulu warga tidak diizinkan untuk mengambil batu-batu yang mengandung timah itu.

"Nah beberapa hari terakhir kemarin, anak-anak kecil ini (7-10 tahun) banyak yang gali. Namanya anak-anak, mereka main, dapat sekilo-dua kilo (batu rak)," ujar Mustofa.

"Kalau dibiarkan, manfaatnya juga enggak ada. Akhirnya kami sepakat dengan pihak yayasan masjid, tokoh agama, dengan ahli waris yang mewakafkan ini, bagaimana kalau kita bebaskan saja (mencari batu rak)," kata dia.

Mustofa mengatakan, sekitar 500 orang warga Desa Kimak kini aktif melakukan pencarian batu rak di lahan TPU setiap hari.

Berita dengan kategori