Wali Kota Madiun Fokuskan Peringatan untuk Penanganan Covid-19

Wali Kota Madiun Fokuskan Peringatan untuk Penanganan Covid-19

Terbaiknews - Wali Kota Madiun Maidi . (Foto: Bagas Bimantara/Jawa Pos Radar Madiun)

JawaPos.com – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia di Kota Madiun bakal digelar sederhana. Mengingat pandemi Covid-19 sampai kini belum berakhir. Meski begitu, Wali Kota Maidi berharap kesederhanaan itu tidak sampai mengurangi rasa khidmat dan esensi dari peringatan kemerdekaan RI. ‘’Perayaan HUT kemerdekaan tahun ini sedikit berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya,’’ kata Maidi di GCIO Diskominfo Kota Madiun..

Upacara kemerdekaan yang biasanya digelar di alun-alun, untuk tahun ini ditiadakan. Penyelenggaraan upacara diganti di masing-masing kantor. Di lingkungan pemkot, upacara menyambut kemerdekaan RI akan digelar sekitar pukul 07.00. Pesertanya juga dibatasi. Hanya diikuti 40 peserta. Terdiri kepala OPD, camat, dan lurah.

Selain itu, paskibra hanya melibatkan enam anggota dan satu grup paduan suara. Sedangkan, untuk detik-detik kemerdekaan bakal dilaksanakan secara virtual sebelum pukul 10.17 di GCIO. Sementara penurunan bendera pusaka pada pukul 16.30.

Maidi menambahkan, kegiatan lain seperti malam resepsi kenegaraan atau pembubaran paskibra juga ditiadakan. Sebab, pada tahun ini tidak ada seleksi paskibra lantaran pandemi korona. ‘’Tahun ini tidak ada seleksi paskibra, jadi kita ambilkan petugas yang dari tahun lalu,’’ ujar mantan sekda Kota Madiun tersebut.

Selain itu, Maidi mengajak seluruh warga untuk menghentikan aktivitas sejenak menjelang detik-detik kemerdekaan RI. Dengan berdiri tegak dan khidmat setidaknya selama tiga menit. ‘’Harapannya masyarakat tetap semangat untuk melawan korona dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan,’’ tuturnya.

Sementara peringatan HUT Pramuka ke-59 bakal ditujukan untuk penanganan Covid-19. Diawali dengan pemasangan spanduk serta bendera WOSM pada 1–30 Agustus. Lalu, acara ulang janji hari Pramuka diselenggarakan di Bumi Perkemahan (Buper) Rawa Bening, Kota Madiun, pada Kamis (13/8) sekitar pukul 19.30. ‘’Perayaan hari jadi Pramuka diselenggarakan untuk membantu penanganan Covid-19,’’ terangnya.

Acara lainnya, lanjut Maidi, Jumat Bersih dan bakti sosial akan diikuti oleh seluruh anggota Pramuka. Setelah itu dilanjutkan dengan pembagian 1.000 masker kepada masyarakat. Lokasinya di Pasar Besar Madiun, Pasar Sleko, Pasar Burung, Pasar Jalan Merpati, Lapangan Gulun, Jalan Pahlawan, dan Masjid Agung Baitul Hakim. ‘’Covid-19 kita rem. Tapi, pertumbuhan ekonomi juga kita gas,’’ tuturnya.

Selanjutnya, pada Sabtu mendatang (15/8) digelar scout cycling. Bertujuan mengampanyekan pemakaian masker dan face shield kepada warga. ‘’Bersepeda dengan protokol kesehatan yang ketat sekaligus mengampanyekan kepada masyarakat,’’ kata Maidi.