Walau Jeblok di Balapan Basah, Fabio Quartararo Masih Kukuh di Puncak

Walau Jeblok di Balapan Basah, Fabio Quartararo Masih Kukuh di Puncak

Terbaiknews - Pembalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo saat beraksi GP Prancis 2020. (MotoGP)

JawaPos.com-Pembalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo tampil buruk pada GP Prancis yang berlangsung di Le Mans hari ini (11/10). Start dari posisi terdepan, Quartararo hanya mampu finis di posisi kesembilan.

Dia berjarak 16,687 detik dari pemenang balapan yakni pembalap Ducati Danilo Petrucci. Balapan memang berlangsung dalam kondisi yang tidak ideal bagi Quartararo. Hujan yang mengguyur sirkuit, membuat posisinya langsung melorot pada lap-lap awal.

Walau hanya finis kesembilan, namun tambahan tujuh poin membuat Quartararo masih berada di puncak klasemen sementara MotoGP. Dia mengoleksi 115 poin.

Pembalap Suzuki Ecstar Joan Mir berada di peringkat kedua, berselisih 10 angka dari Quartararo. Pada balapan hari ini, Mir yang sukses finis podium dalam tiga balapan sebelumnya, gagal bersinar. Dia finis pada posisi ke-11.

  • Start dari Posisi ke-18, Finis Kedua, Alex Marquez: Saya Sangat Fight

Andrea Dovizioso yang finis keempat, naik satu tingkat di tangga klasemen sementara. Bintang Ducati itu mengoleksi 97 poin, atau berjarak 18 angka dari Quartararo.

Dovizioso sukses melewati Maverick Vinales. Hari ini, pembalap Yamaha itu hanya finis di posisi ke-10. Artinya, Vinales cuma menambah enam angka. Namun, di klasemen sementara, Vinales hanya berjarak satu poin dari Dovizioso.

Petrucci sukses menjadi juara untuk kali pertama musim ini di Le Mans. Rookie Repsol Honda Alex Marquez secara mengejutkan finis kedua. Sementara itu, Pol Espargaro dari KTM naik ke podium ketiga.

Balapan memang dimulai dalam kondisi basah. Hujan yang turun deras membuat start harus ditunda selama sepuluh menit. Ini adalah balapan basah pertama sejak GP Valencia pada 2018.

“Tidak bisa dipercaya saya sangat bahagia,” ucap Petrucci dalam wawancara setelah balapan. “Ketika saya melihat hujan, saya berpikir mungkin saya bisa menang. Saya selalu kuat dalam hujan,” tambahnya.

“Saya sudah menunggu lama untuk menang lagi. Dan sekarang saya bisa menang lagi. Saya sangat-sangat bahagia. Saya persembahkan ini kepada orang-orang yang percaya kepada saya, terutama dalam masa-masa sulit,” kata Petrucci lagi.