Wagub DKI: Surat Imbauan Tak Ada Kaitannya dengan Izin Acara Rizieq

Wagub DKI: Surat Imbauan Tak Ada Kaitannya dengan Izin Acara Rizieq

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Wakil Gubernur DKI JakartaAhmad Riza Patria memberikan klarifikasi terkait...

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memberikan klarifikasi terkait kerumanan yang terjadi di Jakarta pada akhir pekan kemarin. Dia menyebut jika surat imbauan pelaksanaan protokol kesehatan dalam kegiatan pernikahan putri pendiri Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, merupakan inisiatif Pemda.

Riza pun memastikan, surat imbauan itu dikeluarkan tidak berkaitan dengan izin acara di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat yang diajukan ke Pemprov.

Imbauan itu merupakan bentuk inisiatif Pemprov. Sebab dari informasi yang diterima, bakalada potensi massa yang banyak dalam acara Rizieq di Petamburan. Tak pelak, pihaknya coba memperingatkan itu sejak awal.

Dia juga mengaku, Pemda DKI Jakarta mengetahui kegiatan tersebut, karena ramai dibicarakan di media sosial.

"Itu kan berita di media sosial ramai, nah kita berinisiatif (memberikan surat imbauan). Nah itu kan luar biasa kita berinisiatif," kata Riza saat dihubungi, Selasa (17/11/2020) malam WIB.

1. Riza Patria sebut Pemprov DKI Jakarta tak menerima izin pernikahan puteri Rizieq Shihab

Wagub DKI: Surat Imbauan Tak Ada Kaitannya dengan Izin Acara RizieqWakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Instagram.com/bangariza)

Riza mengatakan, Pemprov DKI Jakarta tak menerima izin dari Rizieq mengenai pernikahan putrinya, Syarifah Rizieq Shihab. Menurutnya, perizinan tersebut bukan wewenang Pemda DKI Jakarta.

"Izin keramaian itu kepada kepolisian. Kalau kepada Pemda, umpamanya mau pinjam Monas,” kata politisi Partai Gerindra tersebut.

2. Resepsi pernikahan di perkampungan harus izin Lurah hingga Camat

Wagub DKI: Surat Imbauan Tak Ada Kaitannya dengan Izin Acara RizieqWakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Instagram.com/bangariza)

Riza sebelumnya sempat berujar, resepsi pernikahan pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di perkampungan harus mengantongi izin terlebih dahulu. Proposal izin tersebut kemudian akan diperiksa oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Kami minta sebelum diadakan mengajukan proposal. Itu kan bisa dilakukan umpamanya di balai rakyat, kelurahan juga bisa, masjid juga bisa," kata pria berusia 50 tahun itu beberapa waktu lalu.

Sementara, Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf), Bambang Ismadi sempat mengatakan proses perizinan resepsi di perkampungan berbeda dengan yang diadakan di gedung. Permohonan itu disampaikan ke gugus tugas penanganan COVID-19 Kecamatan atau Kelurahan setempat.

"Jadi diajukannya ke Gugus Tugas setempat. Bukan ke kami, karena bukan wewenang kami," ujar dia.

3. Pernikahan Puteri Rizieq Shihab melanggar protokol kesehatan

Wagub DKI: Surat Imbauan Tak Ada Kaitannya dengan Izin Acara RizieqRizieq Shihab beserta keluarga tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). HRS beserta keluarga kembali ke tanah air setelah berada di Arab Saudi selama tiga tahun. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Usai peringatan Maulid Nabi dan pernikahan putrinya, Rizieq dan FPI diganjar sanksi Rp50 juta oleh Satpol PP DKI Jakarta, karena dianggap melanggar Peraturan Gubernur DKI Jakarta nomor 79 dan 80. Namun, tidak dijelaskan pasal mana yang dilanggar oleh Rizieq dan FPI.

Acara yang digelar Rizieq memang menimbulkan kerumunan dan terjadinya pelanggaran protokol. Sejumlah peserta kedapatan tidak memakai masker dan dapat menyebabkan potensi penularan COVID-19.

Tak sampai di situ, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) terpaksa mengalihkan sejumlah rute armadanya, karena ada penutupan jalur di sekitar kawasan Jl KS Tubun, sehingga beberapa penghentian tak bisa dilewati.