Vivo V17 Pro Menang Banyak Kamera, Sisanya Tanggung

Vivo V17 Pro Menang Banyak Kamera, Sisanya Tanggung

Terbaiknews - Smartphone Vivo V17 Pro. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

â&;&; Vivo, salah satu brand saudara dari Oppo dan Realme belum lama ini menghadirkan smartphone terbarunya di Indonesia. Yang dibawanya adalah Vivo V17 Pro terbaru, smartphone yang menjagokan sektor kamera dengan jumlah kameranya yang seabrek menurut kami. Betapa tidak, di keseluruhan tubuh Vivo V17 Pro terdapat enam kamera. Dua di depan sebagai kamera selfie dan empat di belakang sebagai penembak utama.

Vivo V17 Pro sejatinya merupakan ponsel lini tengah yang menyasar konsumen menengah ke atas. Betapa tidak, ponsel ini ditawarkan dengan harga Rp 5,7 juta untuk satu varian penyimpanan saja, yakni 8 GB RAM dan 128 GB ROM. Dengan banderol harga segitu, ditambah jumlah kamera yang banyak, seperti apa pengalaman menggunakan smartphone dengan banyak kamera itu? Berikut ulasannya.

Kelengkapan

Dimulai dari aspek kelengkapan penjualan, Vivo V17 Pro dari segi kelengkapan penjualan hadir dengan paket yang terbilang lengkap. Dari segi kemasan, smartphone ini dikemas dalam boks penjualan berwarna hitam pekat di keseluruhan kemasannya. Bagian luar tutup kemasan ada sketsa soal smartphone Vivo V17 Pro. Sementara di bagian belakang ada sedikit informasi mengenai perangkat yang bersangkutan, seperti ukuran kamera, layar, pabrik pembuat, dan varian RAM/ROM.

Vivo V17 Pro Menang Banyak Kamera, Sisanya Tanggung
Smartphone Vivo V17 Pro. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Beralih ke bagian dalam. Di dalam kemasan terdapat satu buah charger dengan output 5V 2A belum pengisian cepat seperti saudaranya, Realme 5 Pro ataupun Oppo yang sudah menggunakan VOOC Flash Charge 3.0. Keperluan lain penunjang perangkat di dalam paket penjualan ada USB cable Type-C, kitab-kitab panduan termasuk kartu garansi, SIM card tool ejector, screen protect film depan dan belakang (langsung terpasang di perangkat), sebuah hard case untuk melindungi casing belakangnya, juga tak lupa ada earphone.

Urusan kelengkapan paket penjualan, Vivo V17 Pro sudah baik menurut kami. Dengan harga perangkat yang ditawarkan, konsumen diberikan paket penjualan yang terbilang sudah lengkap dan siap pakai. Jadi konsumen tidak perlu lagi membeli aksesori tambahan lain di tempat terpisah.

Desain dan Layar

Usai membuka dus penjualan, unit Vivo V17 Pro hitam kami jumpai. Oh iya, handset ini hadir dalam dua pilihan warna yakni hitam dan putih. Kalau mengacu pada bahasa marketing, warna perangkat ini adalah satin black dan silk white yang katanya terinspirasi dari kain satin, salah satu jenis kain terbaik.

Kesan pertama melihat handset yang bersangkutan kami suka. Desainnya cantik dan mewah juga berkilauan. Tak perlu takut kotor atau rusak, hard case yang ada di dalam boks penjualan bisa langsung dipakai membungkus smartphone ini. Bamun ketika menggunakan hard case, kecantikan perangkat ini justru berkurang lantaran warna hard casenya sendiri adalah hitam doff, bukan transparan seperti kebanyakan case tambahan dalam paket penjualan merek lain.

Dari aspek desain, seperti sudah kami singgung di atas, Vivo V17 Pro tampil menawan. Kesan smartphone premium begitu kentara pada perangkat lini tengah terbaru ini. Vivo V17 Pro sendiri mengusung konsep unibodi dengan baterai yang tidak bisa dilepas.

Desain belakang yang tampak berkilauan dengan polesan ala material kaca juga membuat handset ini nyaman dilihat. Namun perlu dicatat, meski mirip kaca, materialnya bukan terbuat dari kaca. Ini adalah plastik polycarbonate yang dipoles agar serupa dengan material kaca.

Masih dari aspek desain, berlanjut ke bagian belakang perangkat. Vivo V17 Pro mengaplikasikan finishing yang berkilauan dengan konsep gradasi lurus ala bentangan kain. Mungkin ini yang menyebabkan Vivo dalam penamaan warnanya menyebutkan kata satin yang diambil dari kain satin.

Masih di bagian belakang tampak semua dibuat rata tengah. Logo Vivo berada di bagian tengah bawah sementara set-up empat kameranya berada di atasnya. Penempatan empat kamera utamanya sendiri dibagi dua lagi dengan LED Flash Light menjadi pemisah di tengahnya. Jadi dua di atas LED Flash Light dan dua di bawah LED Flash Light.

Dari aspek desain bagian belakang, selain penempatan kamera dan logo Vivo, sisanya polos. Tak ada lagi instrumen lain yang tampak semisal pemindai sidik jari atau fingerprint scanner. Hal ini lantaran Vivo V17 Pro membawa sensor pemindai sidik jari di bawah layar atau under display fingerprint scanner. Bagian belakang perangkat tampak clear dipadukan dengan sentuhan gradasi berkilauan ala pola kain.

Vivo V17 Pro Menang Banyak Kamera, Sisanya Tanggung
Smartphone Vivo V17 Pro. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Beralih ke bagian lain, Vivo V17 Pro pada sisi kirinya terdapat tombol asisten pintar. Sementara di bagian kanan ada tombol volume up and down serta tombol kunci yang bersatu dengan tombol power. Perangkat ini tidak mendukung ekspansi ruang simpan. Slot SIM-Card-nya ditampung pada bagian bawah perangkat, sejajar dengan port USB Type-C dan speaker. Sementara jika bergeser ke bagian atas, ada jack headphone dan mekanisme pop-up camera yang dibawa handset ini.

Sampai kepada bagian depan, yakni layarnya. Vivo V17 Pro hadir dengan bezel yang cukup tipis, baik di kiri-kanan maupun atas-bawah. Karena mengusung modul pop-up, handset ini di area layar tidak membawa takik atau notch. Layarnya full.

Vivo V17 Pro mengusung layar penuh berukuran 6,44 inci dengan aspek rasio layar ke bodi mencapai 91,65 persen. Vivo V17 Pro sudah mengadopsi teknologi layar Super AMOLED, makanya teknologi under display fingerprint scanner bisa disematkan pada perangkat ini. Performa layarnya sendiri sanggup mengeluarkan tampilan beresolusi Full HD Plus 1080 x 2400 piksel dengan kepadatan piksel mencapai 409 ppi.

Pengalaman selama menggunakan smartphone ini di bawah terpaan sinar matahari langsung, layarnya bisa tampil dengan baik. Jelas saja, materialnya Super AMOLED. Namun agar lebih maksimal tentu harus mengatur tingkat kecerahan alias brightness ke mode penuh atau maksimal. Interaksi di dalam layar juga terbilang baik. Responsif ditambah dengan pengalaman sentuh yang halus.

Pada bagian depannya tidak ada tombol fisik. Fungsi tombol home dan back tersedia menyatu dalam layar sebagai tombol virtual. Untuk sistem operasinya Android Pie dengan user interface (UI) custom khas Vivo yang disebut dengan Funtouch OS 9.1.

Performa

Usai dari aspek kelengkapan produk, desain, dan layar, sampailah pada aspek penting lainnya, yakni performa. Dari sektor performa, Vivo V17 Pro membawa bekal prosesor bikinan Qualcomm, yakni Snapdragon 675. Rincian jeroan perangkat Vivo V17 Pro sendiri adalah menggunakan prosesor Octa-core (2×2.0 GHz Kryo 460 Gold 6×1.7 GHz Kryo 460 Silver) dan pengolah grafis atau GPU Adreno 612. Selain menyematkan prosesor Snapdragon 675, Vivo V17 Pro juga disokong oleh RAM 8 GB dan memiliki memori internal berkapasitas 128 GB.

Dari aspek performa, inilah yang membuat kami menyebut perangkat ini terasa tanggung. Sebab dengan banderol harga segitu, Vivo V17 Pro masih menggunakan chip Qualcomm Snapdragon 675. Sementara jika dibandingka dengan saudaranya Realme dengan Realme 5 Pro, pada harga Rp 3 jutaan sudah menggunakan chip terbaru Qualcom Snapdragon 712.

Memang segmennya berbeda, mungkin melalui handset ini, Vivo lebih mengunggulkan banyaknya kamera dan performa kameranya saja. Bukan aspek dapur pacu dan kecepatan dalam mengolah dan menyajikan data kepada user melalui chip yang lebih tinggi. Tidak salah memang.

Masih dari sektor performa, ketanggungan lainnya pada harga yang sama dibandingkan kompetitor adalah absennya fitur NFC. Di kelas harga segitu ada Samsung dengan Galaxy A50s yang kini sudah menggendong fitur penting NFC. Sementara pabrikan Tiongkok pada harga yang sama juga ada Huawei dengan Nova 5T yang sudah memiliki fitur NFC. Sementara Vivo V17 Pro belum ada fitur tersebut. Hal ini tentu disayangkan. Inilah mengapa kami menyebut handset ini hanya banyak kamera saja, sisanya ‘tanggung’.

Kembali ke sektor performa, selain menggunakannya sehari-hari, seperti biasa kami menyimulasikan dalam uji benchmark. Meski tidak merepresentasikan penggunaan sehari-hari, uji benchmark lewat aplikasi populer juga menjadi tolok ukur konsumen dalam memutuskan pembelian sebuah perangkat smartphone.

Vivo V17 Pro Menang Banyak Kamera, Sisanya Tanggung
Hasil uji benchmark smartphone Vivo V17 Pro

Untuk hasil simulasi menggunakan aplikasi populer AnTuTu Benchmark dan AnTuTu 3D Bench, Vivo V17 Pro mampu menghasilkan perolehan skor keseluruhan dengan angka 179134. Skor AnTuTu-nya kalah jika dibandingkan dengan Realme 5 Pro di segmen Rp 3 jutaan dengan Snapdragon 712 AIE yang mampu membukukan skor 181166.

Sementara untuk hasil pengujian menggunakan PC Mark (Work 2.0 Performance), Vivo V17 Pro berhasil membukukan skor sebesar ???? lagi-lagi tak lebih besar dibandingkan chip yang dibawa ponsel Rp 3 jutaan sekelas Realme 5 Pro yang berhasil mencetak skor 8379 pada pengujian PC Mark Work 2.0 Performance.

Loading...

Gaming

Setelah performa, aspek gaming tak luput dari perhatian kami. Gaming saat ini juga penting bagi konsumen. Bagi mereka yang gemar bermain game, smartphone dengan kemampuan tersebut kini banyak diminati. Berbekal spesifikasi yang kami beberkan di atas, smartphone ini menurut kami sudah sangat capable untuk diajak bermain game.

Handset Vivo V17 Pro untuk kebutuhan gaming kami jajal dengan beberapa game sekaligus. Multigenre. Yang terbaru ada game FPS Call of Duty Mobile. Ada juga game Arcade, dan game beraliran Racing tentunya. Untuk game FPS dengan game Call of Duty Mobile, handset ini cukup bisa tampil baik performanya. Meski tak rata kanan pada pengaturan grafisnya, sajian gambarnya cukuplah bisa diacungi jempol.

Game lainnya seperti aksi ngebut di jalan raya dengan Asphalt 9 atau Need For Speed No Limits, perangkat juga cukup bersahabat dengan tidak ditemuinya kendala lag. Respons layar dan performa berjalan dengan sangat baik tanpa cacat sama sekali. Pun dengan game Arcade semisal game War Robots.

Vivo V17 Pro Menang Banyak Kamera, Sisanya Tanggung
Smartphone Vivo V17 Pro. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Daya Tahan Baterai dan Fitur Keamanan

Dari sektor catu daya handset ini dibekali dengan baterai 4.100 mAh. Dengan daya baterai segitu, ponsel ini sanggup bertahan hingga sehari lebih pada penggunaan normal. Dalam hal ini, menjalankan aktivitas di sosial media dan bermain game dengan intensitas yang tidak terlalu tinggi.

Dengan daya baterai segitu, sayangnya Vivo V17 Pro masih membawa sistem pengisian daya cepat 18W (5V 2A) saja. Ini juga disayangkan menurut kami. Seperti sudah disinggung di atas, saudaranya Oppo dan Realme sudah membawa pengisian daya cepat VOOC 3.0 20W (5V 4A) yang bisa mengisi daya baterai lebih cepat.

Sementara untuk keamanannya, Vivo V17 Pro hadir dengan fitur yang terbilang komplet. Sebut saja fitur face unlock dan fitur keamanan biometrik seperti fingerprint scanner di balik layar hadir pada perangkat ini. Sistem keamanan tersebut merupakan pelengkap dari yang sudah ada seperti nomor sandi dan pola.

Untuk fitur face unlock-nya perlu kami garis bawahi. Kendati mendukung fitur demikian, sayangnya fitur ini tidak dapat digunakan untuk membuka dan mengunci perangkat seperti biasanya. Fitur ini adalah fitur atau benteng terakhir dari sistem keamanan perangkat. Misalnya kalau salah sandi beberapa kali dan sidik jari yang tak bisa dikenali baru face unlock akan bekerja untuk mengenali wajah pengguna kemudian membuka perangkat.

Oh iya, fitur-fitur keamanan tadi tak hanya bisa digunakan mengunci layar smartphone. Fitur keamanan itu juga bisa digunakan untuk mengunci aplikasi dan menjadi brankas pribadi untuk melindungi files yang ada di dalamya. Ini termasuk pula yang kami suka. Dengan fitur keamanan demikian, smartphone ini bisa dikontrol penggunaannya bila mana user memiliki anak kecil yang aktif dengan smartphone. Penggunaan bisa dibatasi dengan mengunci aplikasi.

Kamera

Beralih ke sektor kamera, yang menjadi highlight dari handset V17 Pro ini. Berdasarkan pengujian kami dan penggunaan perangkat cukup jauh sebelum resmi diluncurkan, pada sektor kamera handset ini memang unggul. Kami harus akui. Walaupun karena menjagokan kamera, aspek lain seperti chip dan NFC dilupakan.

Vivo terkenal menjadi handset-nya penyuka selfie atau swafoto karena gambar dari kamera depan yang dihasilkan bisa membuat siapapun cantik dan tampan seketika. Apa lagi kini di V17 Pro kamera selfie-nya hadir dalam dua lensa dan ada juga LED Flash Light-nya. Bisa makin betah selfie bagi kamu yang gemar narsis.

Seperti sudah disinggung di atas, smartphone ini datang dengan fitur AI Quad Camera yang memiliki empat lensa belakang dengan salah satunya beresolusi tinggi, yakni 48 MP f/1.8. Tiga lensa lainnya yakni masing-masing memiliki resolusi 8 MP f/2.2 (Wide Angle), 2 MP f/2.4 untuk makro kamera, dan 2 MP f/2.4 (depth kamera).

Vivo V17 Pro Menang Banyak Kamera, Sisanya Tanggung
Smartphone Vivo V17 Pro. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

AI Quad Camera 48 MP yang tertanam di Vivo V17 Pro juga sudah didukung dengan fitur Super Night Mode untuk menghasilkan foto yang lebih jernih dan tajam meski di pencahayaan yang minim atau malam hari. Fitur ini sebelumnya hadir di Realme dan Oppo dan pernah kami ulas juga.

Sementara untuk kamera depan smartphone ini juga tidak kalah ciamik. Bagaimana tidak, untuk mengakomodir user yang gemar selfie, Vivo V17 Pro membekalinya dengan dual pop-up selfie camera beresolusi 32 MP f/2.0 + 8 MP f/2.4. Pada bagian tengah kamera selfie juga dibekali LED Flash Light. Dengan resolusi demikian ditambah hadirnya LED Flash tentu akan membuat selfie semakin baik tanpa memikirkan kondisi pencahayaan. Fitur Night Mode juga hadir pada bagian depan.

Meski kameranya seabrek, UI atau antarmuka kamera Vivo V17 Pro mudah digunakan. Berbagai mode seperti mode Portrait, Pano, Live Photo, Slo-Mo, Pro, AR Stickers, Jovi, HDR, dan lain-lain disajikan dengan jelas. Sementara bila kita membuka menu setting yang terdapat di aplikasi kamera, di sini juga terdapat fitur apik lainnya, seperti AI Portrait Framing, AI Scene Identification, dan fungsi lainnya.

Dengan fitur kamera yang dibawanya, secara keseluruhan foto hasil bidikan Vivo V17 Pro memiliki kualitas yang bagus dalam berbagai skenario pengambilan gambar. Karena sudah membawa fitur Night Mode di depan dan belakang kameranya, handset ini juga andal untuk pemotretan malam hari. Lihat saja foto-foto hasil jepretan kamera Vivo V17 Pro pada akhir artikel.

Kesimpulan

Sampai pada kesimpulan. Pengalaman menggunakan smartphoneVivo V17 Pro, cukup impresif. Desain, performa apa lagi kameranya sangat bisa diandalkan bagi kamu yang butuh smartphone â&;&;kameraâ&;&; daripada â&;&;performaâ&;&;. Kameranya yang banyak dengan resolusi yang dihadirkan terbilang tinggi, hal ini cukup bisa dijagokan.

Namun meski kameranya banyak dan bisa diandalkan dengan resolusi tinggi, bagi kami mengorbankan performa jeroan, catu daya, dan fitur kekinian seperti NFC tetap disayangkan. Apalagi pada segmen yang sama ada kompetitor yang sudah hadir mengisi kekurangan Vivo V17 Pro.

Meski begitu, smartphone ini untuk kebutuhan daily driven sangat cukup untuk meng-cover kebutuhan pengguna yang beragam. Bagi kamu penyuka fotografi smartphone yang mengejar kepraktisan perangkat namun cukup bisa diandalkan, Vivo V17 Pro bisa menjadi pilihan kamu dengan kamera utamanya yang berukuran besar yakni 48 MP. Namun sayang, perangkat ini ditawarkan dengan harga cukup tinggi, yakni di harga Rp 5,7 juta.

Berikut hasil jepretan kamera smartphone Vivo V17 Pro:

Source : https://www.jawapos.com/oto-dan-tekno/review/10/11/2019/vivo-v17-pro-menang-banyak-kamera-sisanya-tanggung/
Loading...