Video Viral Percikan Listrik dari Kabel Sutet, Ini Penjelasan Pakar Listrik ITB

Video Viral Percikan Listrik dari Kabel Sutet, Ini Penjelasan Pakar Listrik ITB

Terbaiknews - KOMPAS.com - Sebuah video yang memperlihatkan seorang pria mendekatkan tangannya ke kabel listrik...

KOMPAS.com - Sebuah video yang memperlihatkan seorang pria mendekatkan tangannya ke kabel listrik bertegangan ekstra tinggi ( SUTET) mendapatkan perhatian dari warganet.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @makasar_info pada Senin (1/2/2021) dan telah dlihat sebanyak 11.425 kali.

Dalam video itu, alih-alih tersengat listrik, dari tangan pria itu justru muncul percikan-percikan listrik berwarna ungu, mirip dengan kekuatan pahlawan super dalam film-film superhero.

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Makassar Info (@makasar_info)

Beragam komentar disampaikan pada unggahan video itu. Sebagian besar mengungkapkan kekagumannya, tetapi ada juga yang meragukan keaslian video itu, dan menganggapnya hanya editan animasi saja.

Viral Unggahan soal Apa Beda SKCK yang Dibuat Polres dan Polsek, Ini Penjelasannya

Apakah benar percikan listrik seperti itu bisa muncul? Atau hanya editan animasi saja?

Dosen Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung, Syarif Hidayat, mengatakan, peristiwa dalam video itu adalah hal yang umum terjadi pada fase awal atau fase penyesuaian tegangan ketika petugas melakukan Pekerjaan dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

"Jadi si petugas itu tidak terhubung ke ground (tanah), dia harus terisolasi. Nah, muatan-muatan yang ada pada dirinya itu masih ada. Muatan statik," kata Syarif saat dihubungi Kompas.com, Senin (1/2/2021).

"Pada tahap awal itu, ketika bagian tubuhnya atau perpanjangan bagian tubuhnya berdekatan dengan listrik, itu cukup tegangannya untuk loncat. Nah itulah partial discharge sebetulnya," jelas Syarif.

Foto Viral KK dengan Tanggal Lahir Sama 1 Juli, Ini Ceritanya

Syarif mengatakan, fenomena yang terjadi pada video itu disebut sebagai partial discharge, dan efeknya memang akan terlihat seperti kekuatan super dalam film-film superhero.

"Itu dalam istilah listrik, partial discharge. Itu pada dasarnya tidak berbahaya, tidak kesetrum memang. Justru sesudah loncatan listrik habis, tidak ada muatan, tangannya boleh menyentuh bagian yang bertegangan tadi," ujar Syarif.

Akan tetapi, Syarif mengingatkan, hal tersebut menjadi tidak berbahaya karena tidak ada bagian tubuh lain yang bersentuhan dengan Bumi. Dengan kata lain, petugas yang melakukan pengerjaan harus dipastikan terisolasi penuh.

Berita dengan kategori