Valentino Rossi Mundur, Balapan Virtual MotoGP Diikuti 10 Pembalap

Valentino Rossi Mundur, Balapan Virtual MotoGP Diikuti 10 Pembalap

Terbaiknews - Pembalap Yamaha Valentino Rossi beraksi pada tes pramusim MotoGP 2020 di Sirkuit LosailQatar. (MotoGP)

â&;&; Kapan seri pembuka MotoGP 2020 bakal digelar semakin tidak pasti. Kemarin (26/3) Dorna mengumumkan penundaan pelaksanaan GP Spanyol akibat pandemi Covid-19 yang belum menunjukkan tanda-tanda mereda di Eropa. Sedianya balapan di Sirkuit Jerez itu berlangsung pada 1â&;&;3 Mei 2020.

Spanyol masih menjadi salah satu wilayah paling parah terdampak penularan Covid-19. Hingga kemarin, jumlah kasus tercatat 56.188 orang. Dan, jumlah korban meninggal tembus 4.089 orang. Meski demikian, jumlah pasien yang sembuh juga tinggi, yakni 7.015 orang.

FIM, IRTA, dan Dorna Sports sepakat menunda GP Spanyol karena risiko penularan masih sangat tinggi. â&;&;â&;&;Dalam situasi yang tidak menentu seperti ini, jadwal baru pengganti GP Spanyol belum bisa dipastikan,â&;&; tulis pernyataan resmi MotoGP kemarin (26/3).

GP Spanyol menyusul tiga race sebelumnya yang ditunda. Yakni, GP Thailand, Amerika, dan Argentina. Di tengah situasi sulit saat ini, MotoGP menghadapi ancaman jadwal molor. â&;&;â&;&;Revisi jadwal akan kami umumkan sesegera mungkin,â&;&;â&;&; tutup pernyataan resmi itu.

Dengan pengumuman tersebut, musim balap MotoGP 2020 paling cepat digelar Juni. Sebab, setelah Spanyol, akan ada GP Prancis (17 Mei) dan Italia (31 Mei). Melihat kondisi saat ini, dua negara tuan rumah tersebut juga sedang berperang melawan korona.

Beberapa jam sebelum mengumumkan penundaan GP Spanyol tersebut, Dorna dan MotoGP mengabarkan persiapan akhir menuju digelarnya balapan virtual yang dijadwalkan Minggu (29/3) pukul 20.00 WIB.

Sebelumnya, pihak MotoGP memastikan rider legendaris Valentino Rossi akan turun bersama para pembalap lain. Namun, dalam keterangan terakhir, The Doctor â&;&;julukan Rossiâ&;&; memutuskan mundur. Tidak disebutkan alasan mundurnya rider Monster Energy Yamaha tersebut.

Dengan demikian, ada 10 rider yang akan ambil bagian (selengkapnya lihat grafis) dari delapan tim peserta MotoGP 2020. Sedangkan tiga tim lainnya memilih absen. Yakni, LCR Honda, KTM Red Bull, dan Reale Avintia.

Ajang tersebut dijadwalkan berlangsung di lintasan virtual Sirkuit Mugello, Italia. Aturan mainnya, rider akan membalap sepanjang enam lap. Sebelumnya, sesi kualifikasi bakal digeber dalam lima menit lewat mode time attack untuk penentuan posisi grid balapan.

Bintang Petronas Yamaha Fabio Quartararo berkoar, selain cepat di lintasan, dirinya mumpuni membalap di dunia virtual. â&;&;â&;&;Aku bisa sangat cepat di PlayStation. Tetapi, jika melihat para pembalap top di sana, aku sebenarnya lebih cepat dalam balapan yang sesungguhnya,â&;&; ujar rider 20 tahun tersebut.

Sebelumnya, Rossi mengaku tidak terlalu cepat saat membalap di video game. â&;&;â&;&;Aku tahu banyak pembalap cepat (dalam video game), seperti Bagnaia (Francesco) dan adikku Luca (Marini),â&;&; ucapnya kepada Sky Sports Italia.

Daftar Rider di Virtual Race MotoGP

Repsol Honda Team: Marc Marquez, Alex Marquez

Monster Energy Yamaha: Maverick Vinales

Aprilia: Aleix Espargaro

Suzuki Ecstar: Alex Rins, Joan Mir

Petronas Yamaha SRT: Fabio Quartararo

KTM Tech3: Iker Lecuona, Miguel Oliveira

Pramac Ducati: Francesco Bagnaia