Vaksinasi kepada Tenaga Kesehatan di Jatim Tuntas

Vaksinasi kepada Tenaga Kesehatan di Jatim Tuntas

Terbaiknews - Gubernur Khofifah Indar Parawansa ketika meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19. (Humas Pemprov Jatim)

–Vaksinasi kepada tenaga kesehatan di Jawa Timur sudah tuntas dilakukan. Dalam dua minggu terakhir, cakupan vaksinasi tenaga kesehatan di Jawa Timur telah naik signifikan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, sebelumnya, vaksinasi menjangkau 8,6 persen. Per 5 Februari, angka tersebut naik di angka 84,99 persen.

”Alhamdulillah hari ini (6/2) vaksinasi dosis 1 kepada tenaga kesehatan yang terdaftar sudah selesai 100 persen dilaksanakan di 10 kota/kabupaten di Jatim,” tegas Khofifah pada Sabtu (6/2).

Berdasar laporan Dinas Kesehatan Provinsi Jatim per 5 Februari, terdapat 10 kabupaten/kota yang telah menyelesaikan vaksinasi kepada tenaga kesehatan. Daerah tersebut yaitu, Kabupaten Sidoarjo, Gresik, Tulungagung, Jember, Ponorogo, Nganjuk, dan Mojokerto, serta Kota Batu, Kota Mojokerto, dan Kota Kediri.

Secara keseluruhan, lanjut Khofifah, di Jawa Timur terdapat 185.860 sasaran vaksinasi berdasar alokasi vaksin yang diterima (2 dosis). Sebanyak 157.959 tenaga kesehatan telah divaksinasi.

Meski vaksinasi dosis 1 kepada nakes di 10 kabupaten/kota tersebut sudah selesai, Khofifah terus mengingatkan, perlindungan terhadap Covid-19 harus berlapis lapis. Dia mengibaratkan dengan Swiss cheese model. Artinya, vaksinasi tetap harus dikawal dengan kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

”Kami berterima kasih kepada seluruh warga Jatim yang telah berupaya keras meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan selama PPKM. Sehingga didapatkan hasil signifikan. Saya harap vaksinasi seiring dengan kepatuhan terhadap protokol kesehatan mampu memberikan perlindungan berlapis pada masyarakat Jawa Timur,” tutur Khofifah.

Saksikan video menarik berikut ini:

Berita dengan kategori