Usai Ratu Badminton Thailand, Giliran Ratu Badminton Dunia jadi Korban

Usai Ratu Badminton Thailand, Giliran Ratu Badminton Dunia jadi Korban

Terbaiknews - Pebulu tangkis putri Thailand Pornpawee Chochuwong membuat kejutan di BWF World Tour Finals (Badminton Photo)

JawaPos.com – Pebulu tangkis putri Thailand Pornpawee Chochuwong mungkin menjadi satu-satunya nama yang tidak dijagokan lolos dari Grup B Tunggal Putri BWF World Tour Finals. Namun, siapa yang sangka pebulu tangkis 23 tahun itu sudah memastikan diri lolos dari fase grup usai membabat dua nama besar yang berada satu pool dengannya.

Berada satu grup dengan tiga atlet papan atas, yakni Ratchanok Intanon (Thailand), Tai Tzu Ying (Taiwan), dan Pusarla Venkata Sindhu (India), di atas kertas Pornpawee memang tidak punya peluang untuk lolos. Apalagi, ini adalah pertama kalinya pemain ranking 13 dunia itu bertanding di turnamen World Tour Finals.

Nyatanya, berada di grup Neraka dengan status underdog tidak membuatnya ciut. Tanpa diduga, ia sukses memenangkan dua dari tiga laga yang harus ia jalani di fase grup.

Di laga perdana pada Rabu (27/1) kemarin, Pornpawee tanpa disangka-sangka berhasil memaksa kompatriotnya yang merupakan ratu bulu tangkis Thailand, Ratchanok Intanon menyerah. Lewat laga panjang, Pornpawee keluar sebagai pemenang usai mempermalukan sosok yang ia kagumi itu dengan skor 15-21, 21-11, dan 21-18.

Kejutan dari Pornpawee rupanya belum selesai. Hari ini, Kami (28/1), giliran Tai Tzu Ying yang menjadi korbannya. Tidak tanggung-tanggung, ratu bulu tangkis dunia itu dipaksa bertekuk lutut dalam dua gim langsung 21-17 dan 21-11.

Mengomentari pencapaian membanggakan tersebut, Pornpawee menuturkan bahwa ia tahu dirinya tidak akan dijagokan menang oleh banyak orang. Namun, justru hal itu yang membuat semangatnya semakin terlecut untuk bermain dengan sangat baik.

“Tai adalah pemain papan atas, jadi semua orang mungkin berpikir aku tidak akan punya kesempatan menang atas dia. Tapi hari ini aku bertarung dan berhasil mengalahkan anggapan tersebut. Aku mengeluarkan semua kemampuanku untuk menang,” ujar Pornpawee dilansir dari laman BWF.

Layaknya kemenangan atas Ratchanok sukses membuatnya lebih percaya diri di laga hari ini, keberhasilannya menjungkalkan Tzu Ying petang tadi pun diyakini Pornpawee bisa menjadi modal besar untuk dirinya di laga ketiga fase grup melawan Pusarla Venkata Sindhu, Jumat (29/1) besok.

“Kemenangan ini akan memotivasiku untuk bisa kembali menang besok. Hari ini aku merasa bisa bermain lebih baik dari kemarin,” ujarnya.

Berlaga pertama kali di turnamen puncak tur BWF, Pornpawee mengaku ia grogi di hari pertama berlaga kemarin saat melawan Ratchanok. “Tangan dan kakiku sangat tegang saat masuk ke lapangan, karena ini adalah pertama kalinya aku bermain di turnamen sebesar ini,” ujarnya.

Tentu masih sangat terlalu dini untuk menyebut Pornpawee berpeluang meraih gelar juara di turnamen ini. Namun, setidaknya, dua kemenangannya dari Ratchanok dan Tzu Ying menunjukkan bahwa ia bukan pebulu tangkis kaleng-kaleng.