Untuk Pertama Kalinya, Angka Sembuh COVID-19 di Jatim Lampaui Nasional

Untuk Pertama Kalinya, Angka Sembuh COVID-19 di Jatim Lampaui Nasional

Terbaiknews - SurabayaIDN Times - Tingkat kesembuhan pasienCOVID-19 di Jawa Timur (Jatim) semakin membaik dari...

Surabaya, IDN Times - Tingkat kesembuhan pasienCOVID-19 di Jawa Timur (Jatim) semakin membaik dari hari ke hari. Setelah berminggu-minggu mendapati tingkat kesembuhan yang rendah, akhirnya untuk pertama kalinya recovery rate di Jatim melebihi nasional pada Jumat (24/7/2020) kemarin.

1. Recovery rate di Jatim melebihi angka di nasional

Untuk Pertama Kalinya, Angka Sembuh COVID-19 di Jatim Lampaui NasionalGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Dok. Humas Pemprov Jatim

Berdasarkan data Pemerintah Provinsi Jatim, pada Jumat (24/7/2020) lalu, jumlah pasien sembuh dari COVID-19 berjumlah 11.546 orang atau sama dengan 57,89 persen. Recovery rate ini sedikit lebih baik dibanding nasional yang mencapai angka 56,5 persen.

"Alhamdulillah, jumlah kesembuhan terus bertambah. Yang patut disyukuri, persentase kesembuhan kita melebihi nasional," ujar Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa melalui siaran pers Humas Pemprov Jatim, Sabtu (25/7/2020).

2. Tingkat kesembuhan di Jatim jadi yang paling tinggi dalam beberapa hari terakhir

Untuk Pertama Kalinya, Angka Sembuh COVID-19 di Jatim Lampaui NasionalGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat peresmian perluasan jangkauan Lumbung Pangan Jatim. Dok Humas Pemprov Jatim

Dalam 16 hari terakhir, Jatim memang menunjukkan tren angka kesembuhan yang membaik. Jika sebelumnya jumlah kesembuhan tak sebanyak provinsi lain, namun kini Jatim telah menjadi provinsi dengan tambahan kesembuhan tertinggidi seluruh Indonesia terhitung sejak tanggal 7 Juli.

"Ini berkat kerja sama dan kerja keras semua pihak. Tenaga kesehatan, RS rujukan, TNI-POLRI, maupun para relawan dan masyarakat yang ikut bergotong royong melawan COVID-19," tuturnya.

3. Jumlah pasien COVID-19 yang dirawat juga berada di bawah nasional

Untuk Pertama Kalinya, Angka Sembuh COVID-19 di Jatim Lampaui NasionalSantri Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 Ponorogo sedang mengikuti senam di tempat isolasi RSDL Indrapura, Surabaya. Dok.IDN Times/Pondok Gontor

Tak hanya itu, meski penambahan kasus tiap harinya masih tinggi, namun proses kesembuhan pasien juga lebih cepat. Saat ini sendiri, jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang tengah dirawat di Jatim berada di bawah rata-rata nasional.

"Yang masih dirawat sebanyak 6.846 orang atau 34,33 persen. Sementara di tingkat nasional, pasien yang dirawat masih sebanyak 36.808 atau 38,6 persen. Dengan pencapaian ini, maka Jatim diharapkan bisa terus mempertahankan jumlah persentase kesembuhan melebihi kasus aktif yang masih dirawat," ungkap Khofifah.

4. Berbagai upaya telah ditempuh Pemprov Jatim

Untuk Pertama Kalinya, Angka Sembuh COVID-19 di Jatim Lampaui NasionalGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Dok.IDN Times/Istimewa

Khofifah menyampaikan bahwa kenaikan kesembuhan pasien ini dikarenakan berbagai upaya yang telah ditempuh oleh Pemprov Jatim dan pihak lainnya. Harapan dia, kondisi ini bisa terus bertahan sehingga pandemikCOVID-19 di Jatim bisa teratasi.

"Peningkatan ruang isolasi di Jatim dari754 di awal Maret menjadi 5.328 bed, relaksasi rumah sakit yang overload dengan one gate referral system, optimalisasi pelayanan pasien ringan di RS Lapangan Indrapura, gerakan sejuta masker, hingga penggunaan terapi inovatif seperti plasma konvalesen, avigan,mau pun pemberian vitamin dan nutrisi yang cukup mulai memberikan hasil nyata," paparnya.