TNI AD Uji Latihan Tempur di Perbatasan Indonesia – Papua Nugini

TNI AD Uji Latihan Tempur di Perbatasan Indonesia – Papua Nugini

Terbaiknews - Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap Brigjen TNI Bangun Nawoko saat membuka latihan tempur Batalyon Infanteri 757/Ghupta ViraKorem 174/Anim Ti Waninggap (Mabes TNI For Jawa Pos)

JawaPos.com – Guna memastikan kesiapan tempur Batalyon Infanteri 757/Ghupta Vira, Korem 174/Anim Ti Waninggap melaksanakan Uji Siap Tempur, Selasa (17/11). Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap Brigjen TNI Bangun Nawoko membuka langsung latihan tempur tersebut. Rencananya latihan yang dilaksanakan di Daerah Latihan Distrik Jagebob, Merauke, Papua itu bakal dilaksanakan selama tiga hari. Mulai hari ini sampai lusa.

Sebagai orang nomor satu di Korem 174/Anim Ti Waninggap, Bangun menyatakan bahwa saat ini TNI butuh prajurit yang profesional dan selalu siap berhadapan dengan beragam tugas. Untuk itu, perlu dilaksanakan latihan demi memastikan kesiapan prajurit. Apalagi bila mengingat tugas itu bisa datang kapan saja. ”Perwujudan profesionalisme tersebut tentunya harus juga kami terapkan dalam setiap kegiatan, terutama dalam pelaksanaan latihan satuan,” ungkap dia.

Jenderal bintang satu TNI AD itu menyatakan, latihan tersebut dilaksanakan untuk menguji dan mengukur kemampuan tempur satuan tingkat kompi yang berada di bawah komandonya. Melalui latihan tersebut, dia menyebut, prajuritnya digembleng untuk mengaplikasikan teknik, taktik, serta prosedur tingkat kompi. ”Sehingga diharapkan dapat mencapai tujuan dan sasaran latihan yang telah ditentukan dalam direktif latihan,” jelas Bangun.

TNI-Polri Akan Gelar Simulasi Pengamanan KTT G-20 Akhir Agustus

Untuk itu, meski hanya latihan, Bangun meminta supaya prajurit-prajurit yang turun di medan latihan mengeluarkan kemampuan terbaik. ”Lakukan latihan dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat, serta pedomani referensi dan protap yang ada,” perintahnya. Dengan begitu, hasil evaluasi dan penilaian latihan tempur tersebut juga akan baik. ”Sehingga pelaksanaan Uji Siap Tempur Tingkat Kompi ini memperoleh data otentik tentang kondisi nyata satuan,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Bangun turut memeriksa kesiapan personel dan senjata yang dimiliki oleh para prajurit di Batalyon Infanteri 757/Ghupta Vira. Dia meminta latihan dilaksanakan secara ketat sesuai prosedur. Sehingga tidak ada sedikitpun kesalahan. Selain itu, dia juga sempat memeriksa Pos Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan yang berada di bawah Batalyon Infanteri 757/Ghupta Vira. Pos tersebut berada di daerah perbatasan Indonesia – Papua Nugini.

Saksikan video menarik berikut ini: