Tiger Datz, si Harimau Akuarium

Tiger Datz, si Harimau Akuarium

Terbaiknews - LORENG: Tiger datz. (Guslan Gumilang/Jawa Pos)

Tiger datz fish salah satu ikan predator belang dari sungai tropis. Namanya memang bisa diartikan sebagai ikan singa. Namun, corak tubuhnya lebih mirip harimau dengan ciri khas loreng-loreng. Harganya yang mahal menjadikan tiger fish masuk dalam daftar koleksi ikan premium.

SEJATINYA, yang membuatnya lebih layak menyandang nama ”tiger” adalah gerak polahnya. Sekilas memang terkesan kalem. Tapi jangan salah. Saat memburu mangsanya, tiger fish bakal menguntitnya dahulu secara diam-diam sebelum menyerangnya tiba-tiba.

Agresivitasnya kala memburu mangsa didukung bentuk rahang yang mendongak tinggi dengan sudut kemiringan tajam. Meski beringas, ikan ini bisa berubah menjadi sangat jinak. Ia bisa dielus-elus, bahkan digendong-gendong dengan mudah.

Secara umum, corak tubuh tiger fish adalah perpaduan antara warna dasar emas dan garis-garis hitam vertikal yang disebut bar. Nah, jumlah bar di tubuh ikan inilah yang juga memengaruhi harganya. Kebanyakan, ada empat bar di sekujur tubuh tiger fish. Dan, jika didapati hanya ada tiga bar, konon harganya bisa lebih mahal.

Beberapa jenis tiger fish bisa dibedakan dari warnanya. ”Contoh, (tiger fish) datz Sumatera itu agak terang dan warnanya lebih stabil ketimbang Borneo (Kalimantan),” papar penggemar ikan predator asal Surabaya Arifin Rahman. Dia menambahkan, keduanya juga berbeda dengan datz yang berasal dari Papua atau Papua Nugini (NGT).

Warna tubuhnya akan lebih hidup jika berenang di kedalaman air. Terutama jika disandingkan dengan jenis-jenis ikan predator lainnya seperti arwana, pari air tawar, dan peacock bass.

Meski merupakan ikan endemi Indonesia, persebaran datz tidak hanya terbatas di wilayah Nusantara. Tapi juga di perairan Thailand, Kamboja, Vietnam, dan beberapa perairan lain di Asia Tenggara. Arifin menyebutkan bahwa tiger fish memiliki tempat khusus di hati penghobi ikan predator lokal. Sebab, mereka bangga bisa memiliki ikan predator yang endemi Indonesia. Para penghobi tiger fish juga saling bertukar pengalaman dengan penghobi lain melalui komunitas di regional Jawa Timur maupun nasional.

Yang membuat ikan ini menjadi salah satu takaran tingkat gengsi seorang penghobi adalah harganya. NGT ukuran 5 sentimeter alias anakan harganya stabil di angka Rp 500 ribu. Jika ukurannya sudah bertambah menjadi 20 sentimeter, para penghobi harus menyiapkan dana lebih besar untuk meminangnya. Antara Rp 1,5–2,5 juta.

Sudah Bayar Rp 3 Miliar untuk Gula 290 Ton, Yang Dikirim Hanya 25 Ton

Sedangkan untuk jenis northern Thai tiger fish (NTT), kisaran harganya Rp 1–2 juta dengan ukuran yang sama. Datz Sumatera ada pada kisaran Rp 800 ribu–Rp 1,5 juta. Dan datz Borneo bisa dibeli pada angka Rp 500 ribu–Rp 1 juta.

Semakin digemari lantaran perawatannya tidak terlalu merepotkan, tiger fish cukup diberi pakan hidup seperti ikan kecil. Meski demikian, agar tidak bosan dan menunjang perubahan warna supaya lebih cerah, datz dapat diberi pakan jangkrik dan potongan udang. Nah, zat karoten yang dikandung udang berkhasiat dapat menjadikan kulit tiger fish lebih cerah.

Saksikan video menarik berikut ini:

Berita dengan kategori