Tiga RS Swasta Dedikasikan Fasilitas untuk Penanganan Virus Corona

Tiga RS Swasta Dedikasikan Fasilitas untuk Penanganan Virus Corona

Terbaiknews - Ketiganya adalah Rumah Sakit Siloam Kelapa DuaRumah Sakit Mitra Keluarga Jatiatihdan Rumah Sakit Hermina Karawang.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan ada tiga rumah sakit swasta yang mendedikasikan fasilitasnya untuk penanganan virus corona. Ketiganya adalah Rumah Sakit Siloam Kelapa Dua, Rumah Sakit Mitra Keluarga Jatiatih, dan Rumah Sakit Hermina Karawang.

Yurianto menyebut, tiga rumah sakit itu memberikan kapasitas sebanyak 300 tempat tidur untuk penanganan kasus virus corona. Nantinya, tiga rumah sakit tersebut hanya akan menangani kasus virus corona.

"Ketiga rumah sakit ini nanti hanya akan didedikasikan untuk merawat semua kasus COVID-19. Sementara kasus lain akan dipindahkan ke rumah sakit lain," kata Yurianto dalam keterangan pers di Youtube BNPB, Rabu (18/3/2020).

Selain itu Yurianto menyebut ada sejumlah jejaring laboratorium yang bisa melakukan pemeriksaan virus corona atau Covid-19. Tiga jejaring laboratorium itu adalah Laboratorium Siloam, Kalbe, dan Bunda Grup.

"Kemudian, Jejaring Laboratorium yang bisa dilakukan pemeriksaan COVID-19 ini adalah Jejaring Laboratorium Siloam, Jejaring Laboratorium Kalbe, dan jejaring laboratorium Bunda grup," katanya.

Dengan begitu, Yurianto berharap deteksi dini dan penemuan kasus baru dapat di maksimalkan. Dia menyebut, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia juga mendedikasikan sarana dan prasarananya untuk memutus rantai virus corona di Indonesia.

"Diharapkan, dengan cara ini maka deteksi dini penemuan cepat kasus dapat dilaksanakan dengan maksimal. Kemudian asosiasi rumah sakit swasta dan kemudian perhimpunan rumah sakit seluruh Indonesia memiliki komitmen yang tinggi untuk mendedikasikan seluruh sarana prasarananya digunakan oleh masyarakat, di dalam kaitan untuk mendapatkan layanan perawatan, layanan pemeriksaan COVID-19," tutupnya.