Terungkap! Ini Tugas Presiden Jokowi ke Menkes BGS

Terungkap! Ini Tugas Presiden Jokowi ke Menkes BGS

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia -ÂBudi Gunadi Sadikin belum lama ini menjabat sebagai menteri...

Jakarta, CNBC Indonesia -ÂBudi Gunadi Sadikin belum lama ini menjabat sebagai menteri kesehatan. Tidak hanya itu, BGS, sapaan akrab Budi Gunadi Sadikin, menjadi menkes pertama di Indonesia yang tidak memiliki latar belakang studi dan pekerjaan di bidang kesehatan.
Dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, BGS menjabarkan tugas-tugas yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).
"Waktu saya dipanggil, pak presiden memberikan tugas penting jangka pendek yang harus diselesaikan. Pertama mensukseskan vaksinasi, dan yang lebih sulit adalah mengatasi pandemi Covid-19. Memang ini adalah jangka pendek, tapi akan sulit kalau kita mau maju berkembang kalau dua hal jangka pendek ini tidak dibereskan," katanya, Selasa (12/01/2021).


Jika kedua hal ini sudah selesai, maka untuk tugas jangka menengah BGS mengacu kepada SGDs, yakni mempromosikan hidup sehat untuk masyarakat. Kemudian untuk kehidupan sehat bagi semua orang dan semua kalangan usia.
"Kita harus memastikan kalau bisa orang jangan sakit, harus sehat, lebih produktif ketika sehat. Orang sakit harus dirawat dengan baik, tapi kalau bisa bangunlah orang sehat supaya kalau bisa rata ke semua rakyat, di semua usia. Itu pesan beliau," ujar dia.
BGS juga menambahkan Jokowi berpesan untuk membangun ketahanan kesehatan (health security) yang diterjemahkan menjadi ketersediaan, aksesibilitas, keterjangkauan, dan kualitas. Dengan begitu semua orang hingga ke pelosok memiliki akses pada layanan kesehatan, dan memastikan terjangkau sehingga tidak hanya segelintir orang kaya mendapatkan obat mahal tetapi org miskin pun mendapatkan rawatan yang sama.
Dia juga mengungkapkan arahan Jokowi perihal impor di industri farmasi dan kesehatan, dan membangun ketahanan dengan memiliki pusuat riset dan pengembangan sendiri.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)