Tak Direstui Pacaran, Ridwan Bakar Rumah Kakak Kandungnya

Tak Direstui Pacaran, Ridwan Bakar Rumah Kakak Kandungnya

Terbaiknews - – Muhammad Ridwan gelap mata. Warga Jalan Rungkut Menanggal itu nekat membakar rumah Rofidah,...

– Muhammad Ridwan gelap mata. Warga Jalan Rungkut Menanggal itu nekat membakar rumah Rofidah, kakak kandungnya. Ridwan melakukan aksi tersebut karena sakit hati. Hubungannya dengan pacar tidak direstui.

Kasus itu terkuak saat polisi menyelidiki sebuah kebakaran rumah kosong di Jalan Rungkut Menanggal. Insiden tersebut terjadi Senin (25/1).

”Di lokasi, kami temukan kejanggalan saat mencari penyebab kebakaran,” ujar Kanitreskrim Polsek Rungkut Iptu Joko Soesanto, Rabu (3/2).

Joko menjelaskan, mayoritas bagian rumah yang terbakar adalah lantai 2. Hasil penelusuran menunjukkan, titik awal api tidak berawal dari korsleting. Namun, tumpukan pakaian di lemari. ”Indikasi bahwa rumah sengaja dibakar semakin kuat saat ditemukan bukti tambahan,” terangnya.

Menurut dia, tidak ada bekas api yang mencolok di lantai 1. Hanya, pihaknya mendapati karpet di tangga terbakar. Joko lantas menyinkronkan temuannya dengan keterangan sejumlah saksi. Di antaranya, saat kejadian pemilik rumah sedang di luar kota bersama keluarga.

Dalam pemeriksaan, polisi mendapatkan fakta bahwa hubungan korban dengan pelaku tidak harmonis. Ridwan yang tinggal tidak jauh dari lokasi juga mendadak jarang pulang ke rumah. Dugaan penyidik pun akhirnya terbukti. Ridwan mengakui perbuatannya saat menjalani pemeriksaan.

Joko memaparkan, alasan pelaku membakar rumah korban adalah dendam. Ridwan sakit hati kepada kakaknya karena masalah asmara. ”November tahun lalu pelaku memperkenalkan perempuan kepada keluarga besarnya, termasuk korban,” ucapnya.

Ridwan menyebut wanita itu adalah pujaan hatinya. Namun, sikap yang ditunjukkan korban tidak sesuai harapan. Rofidah tidak setuju kalau adiknya menjalin hubungan perempuan tersebut. Kakak beradik itu bahkan sempat cekcok.

Joko menuturkan, pertikaian tidak berhenti dengan adu mulut. Ridwan yang emosi sempat mendatangi rumah kakaknya beberapa hari berselang. Dia memecahkan kaca jendela dengan palu. ”Sejak tiga bulan lalu, pelaku sering berulah. Namun, selalu berakhir dengan kekeluargaan,” katanya.

Ajakan Rujuk Ditolak, Celurit Bertindak

Ridwan, lanjut dia, kemudian kembali meminta izin kepada korban untuk menjalin hubungan dengan wanita pilihan hatinya beberapa hari sebelum terjadi kebakaran. Tetapi, kakaknya tetap menunjukkan sikap

yang sama. ”Jadilah pelaku semakin bertindak nekat,” tuturnya.

Joko menerangkan, pelaku diam-diam masuk ke rumah saat korban dan keluarga pergi ke luar kota. Ridwan saat itu berharap kebakaran bisa melahap seisi rumah. Namun, niatnya tidak tercapai. Insiden kebakaran tersebut diketahui tetangga sekitar yang melihat api di lantai 2. Warga pun memanggil petugas pemadam kebakaran.

Saksikan video menarik berikut ini:

Berita dengan kategori