Sudding: Tidak Konsitennya Imigrasi Soal Keberadaan Harun Masiku Picu Pertanyaan Publik

Sudding: Tidak Konsitennya Imigrasi Soal Keberadaan Harun Masiku Picu Pertanyaan Publik

Terbaiknews - Sarifuddin Sudding 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

, JAKARTA - Anggota Komisi III dari Fraksi PAN, Sarifuddin Sudding menilai peristiwa luputnya buronan KPKHarun Masiku dari PANtauan imigrasi memicu pertanyaan publik.

Masyarakat menjadi bertanya-tanya mengenai kinerja Imigrasi selama ini.

"Ya ini kan membuat masyarakat bertanya-tanya," kata Sarifuddin Sudding di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Menurut Sarifuddin Sudding Imigrasi sebelumnya mengatakan bahwa Harun yang merupakan tersangka kasus suap Komisioner KPU Wahyu Setiawan sedang berada di luar negeri.

Namun, keMUdian Imigrasi mengatakan bahwa Harun berada di IndoneSia sejak 7 Januari lalu.

Hal itu menurutnya berimbas pada proses pencarian Harun Masiku oleh aparat penegak hukum.

"Nah tentu kalau yang bersangkutan sudah ada di Indonesia, ini menjadi pertanyaan kita semua. Pada saat dia berada di Indonesia langkah-langkah apa yang sudah dilakukan oleh penegak hukum dalam hal ini KPK untuk menghadirkan yang bersangkutan untuk dimintakan keterangannya," katanya.

Sudding menilai Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly tidak mampu melakukan koordinasi dengan baik di dalam lembaganya sehingga luput memantau keberadaan Harun.

Hal itu bisa terjadi karena posisi Yasonna yang merupakan kader PDIP dan masuk dalam tim hukum.

Source : https://www.tribunnews.com/nasional/2020/01/22/sudding-tidak-konsitennya-imigrasi-soal-keberadaan-harun-masiku-picu-pertanyaan-publik