Sudah Ada 18 Saksi OTT Bupati Kutai Timur Diperiksa KPK

Sudah Ada 18 Saksi OTT Bupati Kutai Timur Diperiksa KPK

Terbaiknews - SamarindaIDN Times - Kasus dugaankorupsi yang menyeret nama Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar...

Samarinda, IDN Times - Kasus dugaankorupsi yang menyeret nama Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar dan istrinya Encek Firgasih, Ketua DPRD Kutim,sebagai tersangka bersama 5 orang tersangka lainnya masih terus berlanjut.Bupati Kutai Timur dan sejumlah pejabat setempatdiamankan karena dugaan suap dalam pekerjaan infrastruktur Pemkab Kutai Timur.

Kegiatan pemeriksaan sejumlah saksi kasus ini dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bertempat di Aula Wira Pratama, Polresta Samarinda dengan mendatangkan Sekretaris Pemerintah Kabupaten (Sekkab) Kutim, Irwansyah.

"Iya, saya kemarin sudah di Samarinda. Menginap di Loa Bakung untuk pemeriksaan (KPK) hari ini," ucap Irwansyah saat dijumpai awak media, di Samarinda, Sabtu (25/7/2020).

1. Sekkab Kutim tak masuk daftar pemeriksaan saksi

Sudah Ada 18 Saksi OTT Bupati Kutai Timur Diperiksa KPKRuang Aula Wira Pratama, Polresta Samarinda yang digunakan KPK memeriksa sejumlah saksi. (IDN Times/Zulkifli Nurdin)

Kedatangan lembaga antirasuah di Kota Tepian adalah pada hari Jumat (24/7) pukul 09.00-18.00 WITA, yang mana satu dari saksi yang diperiksa bernama Yeni, adik dari Bupati Kutim Ismunandar.

Dari agenda kemarin,KPK melakukan pemeriksaan kepada 11 orang saksi yakni staf Bapenda, sopir Bupati, staf Dinas PU, Kasatpol PP, dan beberapa orang terkait.

2. Sekkab Kutai Timur diberi 25 pertanyaan oleh KPK

Sudah Ada 18 Saksi OTT Bupati Kutai Timur Diperiksa KPKSetelah diberi 20-25 pertanyaan oleh tim penyidik KPK, Sekkab Irawansyah langsung bertolak ke kediamannya di Kutim. (IDN Times/Zulkifli Nurdin)

Pemeriksaan terhadap Sekkab Kutai Timur Irwansyah baru dilangsungkan hari Sabtu ini. Tepat pukul 17.00 WITA, Irawansyah keluar dari Aula Wira Pratama, Polresta Samarinda yang menandakan pemeriksaan KPK telah selesai.

Saat dijumpai awak media, Irawansyahmengaku tak tahu apa tujuan pemeriksaan oleh KPKpada hari ini.

"Untuk apa itu ya gak tahu ya. Tadi dikasih pertanyaan sekitar 20-25. Hari ini saya langsung balik (ke Kutim). Kalau dipanggil lagi, saya siap saja. Saya kooperatif," tegasnya.

3. KPK akan periksa 7 saksi tambahan

Sudah Ada 18 Saksi OTT Bupati Kutai Timur Diperiksa KPKTim penyidik KPK bergegas pulang usai melakukan pemeriksaan sejumlah saksi di Polresta Samarinda. (IDN Times/Zulkifli Nurdin)

Jika ditotal sampai hari ini, KPK telah memeriksa sedikitnya 18 nama saksi dalam kasus suap yang menjerat Bupati Kutim Ismunandar dan 6 orang lainnya.

"Hari ini sudah selesai. Pemeriksaan mungkin selesai Selasa atau Rabu (28-29 Juli). Tiap harinya paling gak 7-8 saksi kami periksa, semuanya dari lingkup Pemkab Kutim dan rekanan (terkait kasus rasuah Bupati Kutim)," tutup seorang penyidik KPK saat meninggalkan Aula Wira Pratama, Polresta Samarinda.