Sowan Menhan Austria, Prabowo Jadi Beli Eurofighter Typhoon?

Sowan Menhan Austria, Prabowo Jadi Beli Eurofighter Typhoon?

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Menteri Pertahanan Republik Indonesia Letnan Jenderal TNI...

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pertahanan Republik Indonesia Letnan Jenderal TNI (Purn)ÂPrabowo Subianto Djojohadikusumo akan melakukan kunjungan kerja keÂAmerika Serikat (AS) pada 15 Oktober hingga 19 Oktober mendatang. Kunjungan itu merupakan komitmen Prabowo memenuhi undangan Menteri Pertahanan AS Mark Esper.

â&;¨â&;¨Akan tetapi, 'blusukan' Prabowo ke luar negeri belum akan berhenti. Ia dikabarkan akan melanjutkan perjalanan ke Austria. Kabar itu disampaikan salah satu media terkemuka Austria, Kronen Zeitung, seperti dikutip oleh CNBC Indonesia, Rabu (14/10/2020).
"Pekan depan kemungkinan akan ada pertemuan bersejarah di Kementerian Pertahanan Austria. Prabowo Subianto secara pribadi akan menemui menteri Klaudia Tanner untuk mendiskusikan kesepakatan pembelian Eurofighter Typhoon," tulis Kronen Zeitung.
Kronen Zeitung lantas melampirkan surat yang dikirimkan Prabowo kepada Tanner. Dalam surat tertanggal 8 Oktober 2020 tersebut, Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya itu mengucapkan terima kasih atas surat yang dikirimkan Tanner tertanggal 4 September 2020. Surat itu berisi kesediaan Tanner menegosiasikan pembelian 15 unit Eurofighter Typhoon.
"Sebagaimana yang saya sampaikan sebelumnya, kami sedang berupaya untuk melakukan pengadaan peralatan pertahanan vital untuk melindungi wilayah dan masyarakat Indonesia," tulis Prabowo.


Sowan Menhan Austria, Prabowo Jadi Beli Eurofighter Typhoon?Foto: Surat Prabowo kepada Menhan Austria Klaudia Tanner (Dokumentasi Kronen Zeitung)


Oleh karena itu, Prabowo mengungkapkan keinginan untuk melakukan courtesy call dengan Tanner.
"Saya akan berada di Vienna (ibu kota Austria) pada 20 Oktober 2020 dan kita dapat menggunakan kesempatan itu untuk mendiskusikan isu-isu pertahanan yang menjadi perhatian bersama," tulis Prabowo.
Menutup surat itu, Prabowo menyatakan kesediaan untuk terus memperkuat hubungan bilateral pertahanan antara kedua negara. Eks Danjen Kopassus TNI AD itu pun yakin kalau kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Austria akan terus tumbuh dan berkembang.
Tanner merespons positif keinginan Prabowo. Ia mengaku sudah tidak sabar menemui Prabowo.
"Setelah kunjungan kehormatan, para ahli kami akan memulai diskusi yang lebih detail. Tujuan saya adalah mengeksplorasi semua kemungkinan sehingga kami dapat mengakhiri isu terkait Eurofighter Typhoon," ujar Tanner.

Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, tidak bersedia mengomentari kabar yang dilaporkan Kronen Zeitung tersebut.