Soal Temuan Radioaktif Caesium 137 di Tangsel, Ini Analisis Ahli UGM

Soal Temuan Radioaktif Caesium 137 di Tangsel, Ini Analisis Ahli UGM

Terbaiknews - KOMPAS.com - Material radioaktif jenis Caesium 137 ditemukan di perumahan Batan IndahTangerang...

KOMPAS.com - Material radioaktif jenis Caesium 137 ditemukan di perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan (Tangsel) baru-baru ini.

Kemunculan radiasi dari zat radioaktif ini bermula dari uji fungsi Bapeten dengan target area meliputi wilayah Pamulang,Perumahan Dinas Puspiptek, Daerah Muncul dan Kampus ITI, Perumahan Batan Indah, dan Stasiun KA Serpong, pada 30 dan 31 Januari 2020.

Secara umum, nilai paparan radiasi lingkungan pada daerah pemantauan menunjukkan nilai normal (paparan latar).

Namun pada saat dilakukan pemantauan di lingkungan Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) ditemukan kenaikan nilai paparan radiasi di lingkungan area tanah kosong di samping lapangan voli blok J.

Tak Perlu Bahan Kimia, Ini 5 Jenis Obat Batuk Alami yang Mudah Ditemui

Lantas apa itu Caesium 137?

Dosen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika Universitas Gadjah Mada ( UGM) Agus Budhie Wijatna mengatakan, Caesium 137 merupakan satu unsur yang bersifat radioaktif.

Menurutnya, Caesium dihasilkan dari produk visi dari reaktor nuklir yang ada di Serpong.

"Biasanya Caesium itu dihasilkan dari produk visi dari reaktor nuklir yang ada di Serpong itu. Kalau pun ada di alam, itu relatif kecil dan itu sebagai radiasi background dari unsur primodial untuk uranium 238," kata Agus kepada Kompas.com, Minggu (16/2/2020)

Agus mengaku bingung bagaimana Caesium itu bisa bertebaran di perumahan. Sebab, Bapeten selalu melakukan pengecekan secara periodik di sekitar sektor.

Selain itu, reaktor nuklir secara periodek juga diinspeksi oleh Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA).