Soal Lokasi RS Isolasi, Menkes: Perlu Pertimbangan Banyak Aspek

Soal Lokasi RS Isolasi, Menkes: Perlu Pertimbangan Banyak Aspek

Terbaiknews - Pemerintah tengah mencari pulau yang akan dibangun rumah sakit khusus isolasi atau karantina penyakit menular seperti virus corona

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut, pemilihan lokasi atau pulau yang akan dibangun rumah sakit isolasi harus memikirkan beberapa pertimbangan. Hal tersebut diugkapkan menyusul rencana antisipasi penyakit menular seperti virus corona.

Terawan menyatakan, apsek geologi, politik, hingga ekonomi menjadi pembahasan guna menentukan pulau yang akan dipilih. Hal tersebut dilakukan menyusul sempat adanya penolakan warga Natuna, Kepulauan Riau di lokasi karantina beberapa waktu lalu.

"Mempelajari segala aspek, geologi, politik, kemudian masalah juga ekonomi, masalah pemeliharaan, masalah pertahanan keamanan, semua ditinjau. Jadi ini masalah brainstoarming saja hari ini," kata Terawan, di Kantor Kemenko Polhukam, Jumat (7/2/2020).

Meski demikian, pemerintah belum menentukan pulau yang nantinya dipilih untuk dibangun rumah sakit isolasi khusus. Namun, pemerintah tetap mengantisipasi masalah keamanan agar geger penolakan warga tak kembali terjadi.

"Ya itu kan menjadi salah satu hal. Makanya saya tadi (sampaikan) dari segala (aspek). Geopolitik, pertahanan keamanan, kita bahas menjadi masukan buat pak Menkopolhukam untuk bagaimana nanti (memutuskannya)," sambungnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum, Politik, dan Keamanan Mahfud MD menjelaskan, lokasi atau pulau yang nantinya dipilih harus memenuhi kriteria. Salah satunya dekat dengan pangkalan militer dan bandar udara agar memudahkan proses evakuasi.

"Ya tadi ada kriteria harus dekat pangkalan militer agar mudah evakuasi, dekat bandar udara. Itu saja tadi kriterianya," kata Mahfud.

Menurut dia, lokasi yang nantinya akan dibangun rumah sakit isolasi khusus itu tidak harus pulau tak berpenghuni. Nantinya, pulau tersebut akan didesain sedemikian rupa.

"Sebenarnya tidak perlu ada di pulau tersendiri, bisa di pulau tersendiri bisa di pulau yang sudah ada penghuninya, sudah ada penduduknya maksudnya. Sudah ada penduduknya tidak apa-apa. Tetapi itu didesain sedemikian rupa karena di berbagai dunia pun sama," katanya.