Selain Virus Korona, CDC Juga Ingatkan Bahaya Norovirus

Selain Virus Korona, CDC Juga Ingatkan Bahaya Norovirus

Terbaiknews - ILUSTRASI. Norovirus adalah virus yang sangat menular yang menyebabkan muntah dan diare. Siapapun bisa terinfeksi norovirus yang biasa ada di saluran pencernaan. (NDTV)

– Menjelang akhir tahun sudah menjadi tradisi bagi keluarga untuk merayakannya dengan liburan. Selain itu, selama berlibur, wisata kuliner juga menjadi andalan. Maka selain virus Korona, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperingatkan bahaya Norovirus. Apa itu?

Dalam laman resmi CDC, Norovirus adalah virus yang sangat menular yang menyebabkan muntah dan diare. Siapapun bisa terinfeksi norovirus yang biasa ada di saluran pencernaan. Gejala yang paling umum adalah diare, muntah, mual, sakit perut.

Seseorang bisa tertular jika melakukan kontak langsung dengan orang yang terinfeksi, mengonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi, menyentuh permukaan yang terkontaminasi, lalu memasukkan tangan yang belum dicuci ke dalam mulut.

Cara mencegahnya, sering-seringlah mencuci tangan. Membilas buah-buahan dan sayuran. Memasak makanan dengan matang.

Wabah biasa terjadi jika virus menyebar dengan sangat mudah dan cepat. Virus ini juga menular antarorang yang terinfeksi ke orang lain. Dan juga melalui makanan dan permukaan yang terkontaminasi. Wabah dapat terjadi kapan saja, tetapi paling sering terjadi dari November hingga April.

Dilansir dari Global Times, Minggu (11/10), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Tiongkok menyerukan kepada orang-orang Tiongkok untuk menghindari perjalanan keluar yang tidak perlu selama Festival Pertengahan Musim Gugur dan liburan Hari Nasional. Tiongkok mewajibkan semua pelancong keluar untuk menjalani isolasi 14 hari setelah kedatangan mereka. Oleh karena itu, pelancong lintas batas mungkin diminta untuk menghabiskan total 28 hari di karantina, jika tujuan mereka juga memerlukan masa isolasi 14 hari.

“Selama liburan mendatang karena pertemuan dan makan di luar menjadi lebih umum, mendesak orang untuk memperhatikan kebersihan makanan, mencuci tangan. Sering dan hindari makan makanan mentah,” tegas CDC Tiongkok

Masyarakat diminta wajib mengenakan masker pada layanan transportasi seperti penerbangan dan kereta. Selain itu, orang-orang harus membawa disinfektan pencuci tangan, tisu desinfektan, masker, dan perlengkapan pengendalian epidemi lainnya bersama mereka selama perjalanan mereka.

Saksikan video menarik berikut ini: