Sejarah Munculnya Jam Tangan

Sejarah Munculnya Jam Tangan

Terbaiknews - KOMPAS.com – Tak hanya dibutuhkan sebagai fashion atau aksesoris belakajam tangan memiliki...

KOMPAS.com – Tak hanya dibutuhkan sebagai fashion atau aksesoris belaka, jam tangan memiliki fungsi penting, yakni sebagai alat untuk mengetahui waktu.

Jam tangan pun berkembang, mulai dari jam tangan analog, jam tangan digital, hingga jam tangan pintar (smartwatch) yang bisa diintegrasikan dengan ponsel.

Lalu, bagaimana sejarah munculnya jam tangan?

Ada beberapa versi mengenai penemuan jam tangan. Salah satunya, mengutipBob Watches, jam tangan disebut pertama kali dibuat oleh Abraham-Louis Breguet, seorang horologist Perancis, yang ditujukan untuk Ratu Napolidi tahun 1810.

Sementara itu, dilansirGovbergwatches, jam tangan sebenarnya sudah diperkenalkan pada tahun 1570-an. Namun, saat itu desain masih berupa jam tangan berlengan.

Jam tangan pada awalnya adalah fashion bagi wanita, sedangkan pria lebih suka menggunakan jam saku.

Hal ini karena saat itu, jam tangan mudah rusak, sehingga lebih menjadi tren bagi wanita.

Koleksi Jam Tangan James Bond Akan Dilelang

Sementara itu, New York Timesyang mengutip dari Guinness World Recordsmenuliskan, jam tangan awalnya dibuat seorang produsen jam asal Swiss, Patek Phillipe, pada tahun 1868.

Jam tersebut dibuat untuk Bangsawan wanita dari Hongaria Countess Koscowicz.

Sementara, sejarah jam tangan laki-laki diperkirakan pertama kali dibuat oleh produsen jam tangan asal Swiss, Girard-Perregauz, pada tahun 1880.