Sebagian Rumah Warga di Cililitan Terendam Banjir hingga Setinggi Atap

Sebagian Rumah Warga di Cililitan Terendam Banjir hingga Setinggi Atap

Terbaiknews - JakartaIDN Times – Banjir yang menggenangi kawasan CililitanJakarta Timur terpantau hingga...

Jakarta, IDN Times – Banjir yang menggenangi kawasan Cililitan, Jakarta Timur terpantau hingga saat ini mencapai ketinggian 40 sentimeter dan sebagian rumah warga terendam banjir setinggi atap rumah mereka.

Petugas Satgas musim penghujan UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jakarta, Joko Suyatno mengatakan ada empat RW yang terdampak dalam bencana banjir ini dan yang paling parah ada di RW 6 dengan ketinggian air 250 centimeter atau sekitar atap rumah warga.

"Ada 4 RW yang terdampak, yakni RW 06, 07, 05 dan RW 15," katanya seperti yang dikutip dari ANTARA,Senin (8/2/2021).

1. Sebanyak 20 warga terpaksa diungsikan ke tempat yang lebih aman

Sebagian Rumah Warga di Cililitan Terendam Banjir hingga Setinggi AtapPersonel kepolisian dan TNI mengevakuasi warga yang terjebak banjir di kawasan Cipinang Melayu, Jakarta. ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Banjir yang menggenangi wilayah Jakarta Timur ini berdampak pada empat RW di kawasan Cililitan yaitu RW 06, 07, 05 dan 15. Akibat dari banjir di RW 06 yang mencapai atap rumah warga, sebanyak 20 orang terpaksa harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman tetapi ada beberapa orang yang memilih untuk mengungsi ke rumah sanak saudara yang tidak terendam banjir namun tetap menjalankan karantina mandiri.

"Tim UPK Badan Air DLH membantu mengevakuasi warga. Ada seorang warga yang sedang menjalani karantina mandiri di tengah sergapan banjir," ujar Joko.

2. Banjir kiriman dari Bogor menyebabkan Sungai Ciliwung meluap

Sebagian Rumah Warga di Cililitan Terendam Banjir hingga Setinggi AtapIDN Times/Aldila Muharma

Berdasarkan dari data yang diperoleh banjir yang menggenangi kawasan Ciliitan ini disinyalir merupakan kiriman dari Bogor yang menyebabkan Sungai Ciliwung meluap, Joko menjelaskan bahwa Tinggi Muka Air (TMA) di Bendungan Katulampa mengalami peningkatan status menjadi Waspada atau Siaga III sehingga beberapa jam setelah itu air mulai naik ke wilayah setempat.

"Air terpantau mulai naik dari pukul 05.50 WIB," kata Joko.

3. BMKG memperkirakan Jakarta diguyur hujan sepanjang hari ini

Sebagian Rumah Warga di Cililitan Terendam Banjir hingga Setinggi AtapIlustrasi Suasana Hujan (IDN Times/Reza Iqbal Ghifari)

Menurut perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sepanjang hari ini, Jakarta diprediksi akan diguyur hujan, petir dan angin kencang. Seluruh warga ibu kota juga diharapkan tetap waspada dengan adanya cuaca buruk yang berdampak banjir di beberapa wilayah.

Oleh karena itu, kelurahan Cililitan mendata ada sekitar 744 kepala keluarga (KK) yang terdampak tetapi hanya sedikit yang memutuskan untuk mengungsi yakni 26 orang. Rincian warga yang mengungsi sebanyak 15 orang mengungsi dari Masjid Alwi RW 05, 4 orang dari RPTRA Cililitan RW 06, dan 7 orang lainnya dari STBA Pertiwi RW 07.

Berita dengan kategori