Sandi: Rp 150 Triliun Keluar Indonesia karena Kita Asyik Liburan ke LN

Sandi: Rp 150 Triliun Keluar Indonesia karena Kita Asyik Liburan ke LN

Terbaiknews - ILUSTRASI. TAMPILKAN TARIAN BELANDA: Salah satu penampilan saat peresmian Kampoeng Oase SuroboyoNovember 2020. (Dipta Wahyu/Jawa Pos)

– Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut, orang-orang Indonesia yang berlibur ke luar negeri dapat menghabiskan dana sebesar Rp 150 triliun per tahunnya. Sandiaga berharap, seharusnya wisatawan domestik ini dapat membelanjakan uangnya untuk berwisata di dalam negeri.

“Jadi, ada Rp 150 triliun yang keluar dari Indonesia tiap tahunnya karena kita asyik berlibur di negara-negara favorit kita,” ujarnya secara virtual, Kamis (28/1).

Sandiaga menyebut, pihaknya ingin setidaknya ada 30 persen dari Rp 150 triliun yang dialihkan untuk wisata di dalam negeri seperti di Labuan Bajo, maupun di Sulawesi Selatan.

“Kalau kita alihkan 20 persen sampai 30 persen saja itu bisa mencapai Rp 50 triliun yang kita bisa arahkan untuk destinasi-destinasi kita,” ucapnya.

Sandiaga mengungkapkan, sebenarnya banyak sekali potensi yang dapat dimanfaatkan untuk menjaring wisatawan domestik agar tidak berlibur ke negara lain. “Ini kita melihat ekosistem ini harus dibangun, dan kita canangkan agar nanti di tahun selanjutnya kita (Indonesia) menjadi destinasi wisata pilihan di Asia Tenggara,” pungkasnya.