Salah Kaprah, Tak Semua Velg Racing Bisa Pakai Ban Tubeless

Salah Kaprah, Tak Semua Velg Racing Bisa Pakai Ban Tubeless

Terbaiknews - Tidak semua velg racing bisa menggunakan ban tubelessalasannya karena velg racing untuk ban tubeless memiliki spesifikasi tersendiri dan terdapat kode tersendiri. (Ilustrasi)

– Jangan sok tahu kalau tidak sepenuhnya tahu, mungkin kalimat itu sangat pas agar tak sembarangan “mengawinkan” ban tubeless dengan velg racing. Tak jarang bagi sebagian pengendara sepeda motor yang salah kaprah atau tidak tahu kalau tidak semua velg palang sepeda motor atau biasa disebut velg racing, bisa dipasang ban tubeless.

Ya, sekali lagi tidak semua velg racing bisa menggunakan ban tubeless, alasannya karena velg racing untuk ban tubeless memiliki spesifikasi tersendiri. Sebagai informasi kalau velg racing khusus ban tubeless umumnya mempunyai kode bertuliskan “For Tubeless” atau memiliki kode MT sebelum lebar velg.

Misalnya sebagai contoh, MT1.65, kode MT itu menandakan pelek racing bisa untuk tubeless. Kode ini bukan sembarangan karena pabrikan velg tidak berani memasang ban tubeless jika tidak ada kode itu. Akan tetapi sayangnya selama ini masih cukup banyak orang yang kurang atau belum paham mengenai kode velg untuk ban tubeless.

Tak jarang banyak yang nekat memasang ban tubeless padahal kondisi velg tidak cocok dan biasanya yang terjadi akan mengalami ban tubeless yang belum lama dibelinya bocor halus. Pada akhirnya mengeleh karena baru beberapa minggu membeli ban tubeless baru tapi sudah bocor alus.

Hal ini disebabkan karena kualitas ban tubeless yang buruk akan tetapi cara pemakaiannya salah dan tidak diperuntukkan pada velg yang digunakan.ÂÂHal ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan karena ternyata sampai saat ini beberapa pedagang velg aftermarket juga belum tahu mengenai hal tersebut.

Langkah yang tepat dan paling aman sebelum memutuskan untuk mengganti ban motor dengan ban tubeless melihat dulu kode velgnya. Atau bisa berkonsultasi pada teknosi bengkel resmi terdekat agar tidak merugi kemudian. Semoga bermanfaat.