RI Malu Sama Korsel! Dulu Sama-sama Miskin, Sekarang Maju

RI Malu Sama Korsel! Dulu Sama-sama Miskin, Sekarang Maju

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Kondisi ekonomi Indonesia saat ini ketinggalan jauh dari Korea Selatan...

Jakarta, CNBC Indonesia - Kondisi ekonomi Indonesia saat ini ketinggalan jauh dari Korea Selatan (Korsel). Negeri Kpop tersebut sekarang sudah berstatus negara maju. Tak banyak yang tahu, dulu Indonesia dan Korsel sama-sama negara miskin lho.
Menteri Riset dan Teknologi Indonesia/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Indonesia, Bambang Brodjonegoro, bercerita pada sekitar 1950an Indonesia dan Korsel sama-sama jadi negara termiskin di dunia.
"Indonesia dan Korsel sama-sama baru selesai perang, sehingga keduanya menjadi negara termiskin di dunia. Namun pada pertengahan 1970an, Indonesia naik berpredikat negara berpendapatan rendah (low income country) dan Korsel menjadi negara berpendapatan menengah (middle income country). Sementara di 1990an, Indonesia menjadi middle income country namun Korsel sudah menjadi high income country. Lalu saat ini Korsel sudah menjadi negara maju," tutur Bambang dalam webinar yang diselenggarakan Setjen DPR, Rabu (18/11/2020).
Lantas mengapa Korsel bisa cepat menjadi negara maju dan meninggalkan Indonesia?
Bambang mengatakan, Indonesia terjebak dalam jebakan negara berpendapatan menengah karena hanya mengandalkan jualan sumber daya alam saja. Sementara Korsel, sudah melakukan lompatan dengan melakukan inovas-inovasi berbasis riset. Selain itu, sumber daya manusia (SDM) Korsel memiliki kualitas jauh di atas Indonesia.


Kekayaan alam Indonesia yang banyak dan paling beragam di dunia, tidak lantas bisa membuat negara ini menjadi kaya dan maju.
"Jadi strategi 25 tahun ke depan maka kita harus mempersiapkan ekonomi berbasis inovasi. Jangan hanya berbasis sumber daya alam yang terbatas pada menggali tanah mengangkut dan menjualnya. Atau memetik panen dan menjualnya. Meski menarik dan menghasilkan penerimaan secara segera, tapi tidak menciptakan nilai tambah," papar Bambang.
Pemerintah Indonesia memang memiliki visi Indonesia maju berpendapatan tinggi pada 2045 nanti. PR yang sangat berat dan bisa saja hanya jadi mimpi di siang bolong, bila tak ada terobosan atau lompatan yang dilakukan seperti Korsel.



[Gambas:Video CNBC]

(wed/wed)