Respons Anies Baswedan Masuk Daftar 21 Heroes 2021 Bareng Elon Musk

Respons Anies Baswedan Masuk Daftar 21 Heroes 2021 Bareng Elon Musk

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan respons terkait dirinya...

Jakarta, IDN Times - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan respons terkait dirinya masuk dalam daftar 21 Heroes 2021 oleh Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI). Ia mengatakan prestasi tersebut diraih atas kerja sama yang baik antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan kolaborasi berbagai pihak.

Menurutnya, perencanaan sistem transformasi transportasi di Jakarta juga merupakan bentuk dari partisipasi publik yang dikerjakan dengan baik oleh pemerintah daerah.

“Pencapaian ini adalah hasil kolaborasi dengan berbagai pihak, kami dari awal membuka kesempatan seluas-luasnya bagi publik untuk terlibat dalam perencanaan pembangunan sistem transportasi,” ujar Anies dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/2/2021).

TUMI menempatkan Anies dalam deretan 21 Heroes 2021 karena dinilai berhasil mentransformasi mobilitas kota yang dampaknya mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

1. Sejajar dengan pendiri Tesla

Respons Anies Baswedan Masuk Daftar 21 Heroes 2021 Bareng Elon MuskElon Musk, pendiri Musk Foundation. instagram.com/elonrmuskk

Dalam daftar tersebut, terdapat juga nama pendiri sekaligus CEO perusahaan roket Space X dan perusahaan mobil listrik Tesla, Elon Musk.

Dalam dokumen resmi TUMI, 21 Heroes 2021 adalah ajang untuk menghormati mereka yang mencapai kesuksesan transportasi pada tahun 2020. Terlepas, dari tantangan bersejarah yang dihadapi (pandemik COVID-19) dan meletakkan dasar untuk inisiatif mobilitas yang lebih sukses dan berkelanjutan pada tahun 2021.

Individu yang disoroti dalam publikasi ini adalah sekelompok kecil, namun kuat, dari banyak orang yang aktif berkontribusi untuk menjadikan mobilitas berorientasi masa depan, aman, inklusif, dan berkelanjutan.

2. Jakarta alami peningkatan signifikan dalam segi transportasi umum

Respons Anies Baswedan Masuk Daftar 21 Heroes 2021 Bareng Elon MuskSuasana KRL jurusan Tanah Abang-Parung Panjang, Jumat (10/7/2020) (IDN Times/Herka Yanis).

Menurut TUMI, Anies berhasil masuk deretan 21 Heroes 2021 karena selama kepemimpinannya Jakarta mengalami peningkatan signifikan dalam segi transportasi umum massal. Bahkan, hal tersebut terjadi selama pandemik COVID-19.

Anies dinilai berhasil mentransformasi sistem angkutan umum massal yang nyaman dan inklusif untuk semua. Salah satu contohnya adalah integrasi bus rapid transit yang diimplikasikan ke dalam sistem JakLingko, yang mengintegrasikan halte dengan stasiun commuter maupun Moda Raya Terpadu (MRT).

Hal ini sekaligus melihat peluang adanya pengembangan peluncuran bus listrik untuk operasional transportasi umum massal.

3. Prioritaskan fasilitas pendukung transportasi

Respons Anies Baswedan Masuk Daftar 21 Heroes 2021 Bareng Elon MuskFoto udara kendaraan melintas di kawasan Jalan Jendral Sudirman, Jakarta, Sabtu (28/3/2020) (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Selain itu, Anies bersama Pemprov DKI Jakarta juga telah berhasil mengubah paradigma prioritas fasilitas pendukung transportasi. Prioritas dimulai dari jalan untuk pejalan kaki, kendaraan bebas emisi (seperti sepeda), transportasi umum massal, dan terakhir kendaraan pribadi.

Paradigma tersebut membuat Pemprov DKI gencar melakukan improvement dalam revitalisasi trotoar dan pembuatan 63 kilometer jalur sepeda. Bahkan, berkat transformasi tersebut, Pemprov DKI mendapatkan penghargaan Sustainable Transport Award (STA) 2020.

Berita dengan kategori