Putusan Praperadilan Rizieq, Pengacara: Kalah dan Menang Urusan No 2

Putusan Praperadilan Rizieq, Pengacara: Kalah dan Menang Urusan No 2

Terbaiknews - Tim Kuasa Hukum Habib Rizieq Shihab saat mengikuti sidang praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta SelatanJakartaSenin (4/1). Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menggelar sidang perdana gugatan praperadilan yang dilayangkan oleh Habib Rizieq Shihab terkait penetapan tersangka dan penahanan kasus kerumunan di Petamburan. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

– Pengacara Habib Rizieq Shihab, Sugito Atmo Prawiro mengatakan, jika milihat dari isi gugatan praperadilan yang diajukan pihaknya, ia meyakini praperadilan terhadap kliennya itu akan dikabulkan hakim.

Saat ini Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan menggelar sidang putusan praperadilan Habib Rizieq Shihab pada Selasa siang ini.Adapun gugatan Habib Rizieq adalah terkait penetapan tersangka penghasutan dalam kasus kerumunan.

“Kalau berdasarkna objektifitas permohonan gugatan praperadilan. Berdasarkan keterangan saksi dan ahli hukum kami optimis (dikabulkan), Tapi kalau misalnya punya pendapat lain. Itu kembali ke hakimnya,” kata Sugito seperti dikutip Pojoksatu (Jawa Pos Group), Selasa (12/1).

Sugito menyebut, menang kalah dalam persidangan praperadilan itu merupakan hal yang wajar. Namun, ia menuding intervensi para pembenci HRS dalam persidangan tersebut tak bisa dilepaskan.

Karena itu, Sugito menyakini, ada jalan terbaik yang diberikan tuhan lewat putusan preperadilan HRS tersebut. “Kita kalah dan menang itu urusan no dua yang penting kita ikhtiarkan yang penting kita tidak lemah,” ujarnya.

“Sekuat apapun dari pihak mereka untuk menekan, pasti tuhan memberikan yang terbaik bagi Habib,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Kabid Hukum Polda Metro Jaya, Kombes Hengki mengatakan, polisi selaku Termohon sangat optimis sidang praperadilan penetapan tersangka Habib Rizieq Shihab itu bakal dimenangkan pihaknya. Pasalnya, proses hukum yang dilakukan pada Habib Rizieq Shihab telah sesuai prosedur yang berlaku.

“Kita tunggu saja hasil sidang (putusannya) nanti, kami serahkan pada hakim, tapi kami tetap selalu optimis (memenangkan praperadilan,” ujarnya pada wartawan, Selsa (12/1/2021).

Menurutnya, bila praperadilan Habib Rizieq itu dimenangkan oleh pihak Pemohon, polisi bakal menaati putusan tersebut. Adapun terkait langkah hukum yang bakal diambil nantinya pun bakal dilakukan sesuai mekanisme yang ada.

“Kita kan negara hukum, tidak ada satu pun warga negara itu kebal hukum kan pasla 28 1945 setiap warga negara sama kedudukan hukum dalam pemerintahan. Jadi sebagai warga negara yang baik harus taat kepada hukum yang berlaku di negara kita dan menjunjung tinggi,” tuturnya.