Pulihkan UMKM, Airlangga: Sudah Rp 124 T Digelontorkan

Pulihkan UMKM, Airlangga: Sudah Rp 124 T Digelontorkan

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian...

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menggelontorkan bantuan untuk UMKM senilai Rp 123,4 triliun, bagi mereka yang terdampak pandemi.

"Dalam rangka mendukung permodalan,dan cash flow, pemerintah memberikan bantuan permodalan melalui perbankan secara langsung," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam webinar KPC-PEN "Transformasi Ekonomi: Mendorong Daya Saing UMKM dan Koperasi Menuju Indonesia Maju dan Unggul" di Jakarta, Kamis (19/11/2020).

Di antaranya, untuk tahun ini dianggarkan Rp 190 triliun untuk penundaan pokok pinjaman, bunga dan relaksasi kepada penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pemerintah juga mentargetkan ada 12 juta usaha mikro yang bisa didorong untuk bisa melewati pandemi ini.


Dalam kesempatan yang sama, Airlangga juga menyinggung tanda-tanda perbaikan ekonomi. Di antara, meski dalam negeri mengalami kontraksi, namun ada beberapa sektor yang justru mengalami pertumbuhan positif.

"Tumbuh positif diantaranya pertanian, kesehatan, pertanian hingga jasa pengolahan," ujarnya.

Menurutnya, pertumbuhan positif juga terjadi di pasar modal, di mana terpantau tumbuh positif 30% dari akhir Maret yang lalu. Dia juga mencatat penguatan rupiah sudah mencapai Rp 14.000 tertinggi sejak Maret.

"Pemerintah mendorong agar momentum pertumbuhan terjaga. Dimana di Q3 5,05% kuartal to kuartal, diharapkan bisa mendorong pertumbuhan kita antara -1,6 sampai 0,6 di Desember dan 2021 5%," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)