Pulihkan Ekonomi, Pemprov Bali Ajukan Empat Usul Ini

Pulihkan Ekonomi, Pemprov Bali Ajukan Empat Usul Ini

Terbaiknews - Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati bersama sejumlah pemangku kepentingan terkait saat mengikuti rakor pembahasan dana PEN secara virtual. (Pemprov Bali/Antara)

–Pemerintah Provinsi Bali ajukan empat usul strategis untuk pemulihan ekonomi dari dampak pandemi Covid-19 kepada pemerintah pusat. Hal itu disampaikan dalam rapat koordinasi pembahasan dana Pemulihan Ekonomi Nasional.

”Yang pertama, kami mengajukan bantuan modal kerja dalam bentuk pinjaman lunak kepada pemerintah pusat sebesar Rp 9,9 triliun dengan jangka waktu selama 10 tahun dan grace periode selama 2–3 tahun,” kata Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati seperti dilansir dari Antara di Denpasar, Jumat (5/2).

Wagub Bali yang didampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho, Dirut PT Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma, dan Ketua GIPI Ida Bagus Agung Partha Adnyana, juga mengajukan usul permintaan dua juta dosis vaksin untuk diberikan kepada pekerja sektor pariwisata.

”Hal ini dilakukan untuk memberi rasa aman baik kepada pekerja maupun wisatawan yang akan datang berkunjung,” ujar Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati yang juga Ketua PHRI Bali itu.

Usul berikutnya adalah pelaksanaan pembangunan infrastruktur sebagai penunjang pariwisata selama masa pandemi Covid-19 menjadi prioritas yang harus diutamakan. ”Selain untuk meningkatkan kualitas destinasi dalam menyambut kembali aktivitas pariwisata, proyek pembangunan yang dilakukan juga dapat menjadi lapangan pekerjaan bagi masyarakat Bali,” ucap Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati.

Selain itu, wagub juga mengusulkan program reaktivasi wisata domestik melalui perjalanan dinas yang diharapkan dapat diarahkan lebih banyak untuk diselenggarakan di Bali secara tersebar di berbagai kabupaten.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho menambahkan, penting dilakukan revitalisasi terhadap sejumlah fasilitas di destinasi wisata. Salah satunya toilet umum di wilayah Kuta.

”Mengingat daerah ini menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan mancanegara dan juga domestik selain Ubud dan lainnya,” ujar Trisno.

Usul dari Pemerintah Provinsi Bali selanjutnya akan disampaikan kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Berita dengan kategori