PT KAI Sediakan Layanan Tes GeNose di 4 Stasiun, Cek Tarifnya 

PT KAI Sediakan Layanan Tes GeNose di 4 Stasiun, Cek Tarifnya 

Terbaiknews - JakartaIDN Times – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai menyediakan layanan pemeriksaan...

Jakarta, IDN Times – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai menyediakan layanan pemeriksaan menggunakan alat GeNose di beberapa stasiun. Hal itu dilakukan sebagai alternatif melakukan tes COVID-19 untuk syarat perjalanan kereta jarak jauh selain rapid test antigen.

Adapun lokasi yang menyediakan tes deteksi virus corona itu, yakniStasiun Pasar Senen, Stasiun Tugu Yogyakarta, Stasiun Gambir, dan Stasiun Solo Balapan.

VP Public Relations KAI (Persero) Joni Martinus mengatakan, pelayanan pemeriksaan GeNose merupakan kolaborasi dan sinergi PT KAI dan Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) melalui anak usahanya Rajawali Nusindo serta Universitas Gadjah Mada (UGM).

"Penyediaan layanan ini merupakan komitmen KAI dalam mendukung program pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19 di transportasi kereta api dan sebagai perwujudan dari dukungan Bangga buatan Indonesia," ujar VP Public Relations KAI (Persero) Joni Martinus dalam keterangannya di Jakarta, Jumat. Seperti yang dikutip dari ANTARA,Jumat (5/2/2021).

1. Calon penumpang dikenakan tarif Rp20 ribu untuk pemeriksaan GeNose

PT KAI Sediakan Layanan Tes GeNose di 4 Stasiun, Cek Tarifnya Launching GeNose di Stasiun Pasar Senen (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Kini bepergian menggunakan transportasi umum khususnya kereta api diwajibkan menunjukkan surat keretangan bebas COVID-19 dari hasil pemeriksaan GeNose C19, rapid test Antigen, atau PCR. Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomor 5 Tahun 2021 dan SE Kemenhub Nomor 11 Tahun 2021.

Calon penumpang yang ingin melakukan pemeriksaan GeNose di stasiun harus memiliki tiket atau kode booking KA jarak jauh yang sudah lunas. Selain itu calon penumpang dikenakan biaya Rp20 ribu untuk pelayanan pemeriksaan GeNose C19.

2. Hal yang perlu dilakukan sebelum pemeriksaan GeNose C19

PT KAI Sediakan Layanan Tes GeNose di 4 Stasiun, Cek Tarifnya GeNose mulai dipakai di Stasiun Tugu. Dok: Humas UGM

Sebelum melakukan pemeriksaan, calon penumpang diimbau untuk tidak merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) sekitar 30 menit sebelum pemeriksaan. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan akurasi penggunaan alat GeNose C19.

Jika hasil pemeriksaan menunjukkan calon penumpang negatif, maka hasil tersebut berlaku 3x24 jam di seluruh stasiun keberangkatan KA. Namun, jika pemeriksaan menunjukkan hasil positif maka calon penumpang tak diperbolehkan naik kereta dan biaya tiket akan dikembalikan secara utuh.

3. Langkah-langkah pemeriksaan menggunakan GeNose C19

PT KAI Sediakan Layanan Tes GeNose di 4 Stasiun, Cek Tarifnya Dok. Humas Pemprov Jateng

Penggunaan alat GeNose yang baru diresmikan di 4 stasiun kereta api, membuat calon penumpang masih kebingungan dengan proses pemeriksaan menggunakan alat ini. Berikut langkah-langkah pemeriksaan menggunakan GeNose C19.

1. calon penumpang diminta mengambil napas melalui hidung dan membuangnya melalui mulut sebanyak tiga kali.

2. Pengambilan napas sebanyak dua kali di awal, ambil napas dan buang di dalam masker. Lalu pada saat pengambilan napas ke-3, langsung hembuskan ke dalam kantong hingga penuh.

3. Kunci kantong agar udara yang ada dalam tidak keluar dan serahkan kantong kepada petugas untuk dianalisis menggunakan alat GeNose C19.

4. Hasil pemeriksaan GeNose C19 ini akan keluar dalam waktu sekitar tiga menit.

Berita dengan kategori