Profil Penemu Black Box Pesawat, David Warren

Profil Penemu Black Box Pesawat, David Warren

Terbaiknews - KOMPAS.com - Black box. Benda berwarna oranya yang ada di pesawat ini menjadi salah satu yang paling...

KOMPAS.com - Black box. Benda berwarna oranya yang ada di pesawat ini menjadi salah satu yang paling dicari ketika terjadi kecelakaan pesawat, seperti dalam peristiwa jatuhnyaSriwijaya Air SJ 182.

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 jatuh di Perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1/2021).

Black box atau kotak hitam adalah bagian yang menyimpan data penerbangan dan rekaman percakapan di kokpit. Penemuanblack box dianggap sangat penting untuk menemukan penyebabkecelakaan pesawat.

Tahukah Anda, siapa penemubalck box pesawat?

Dia adalahDavid Warren, warga Australia. Berikut sosok penemu black box, David Warren beserta rekam jejaknya.

Kecelakaan pesawat menewaskan ayah Warren

Penemuan black box dilatarbelakangi oleh kematian ayah David Warren karena kecelakaan pesawat.

Ayahnya bernama Rev Hubert Warren. Kala itu pada 19 Oktober 1934, ayah Warren menjadi penumpang sebuah pesawat bersama seorang bayi laki-laki, 3 wanita, dan 7 laki-laki.

Rev Hubert Warren, yang bekerja sebagai misionaris, dalam perjalanan menuju Sydney. Sementara, David Warren yang saat itu berusia 6 tahun, berencana menyusul menggunakan perahu bersama ibu dan seorang saudara kandungnya.

Akan tetapi, pesawat yang ditumpangi ayah David tiba-tiba hilang. Pesawat bernama Miss Hobart tersebut hilang jejak di daerah antara Launceston dan Melbourne.

Otoritas Penerbangan Sipil Australia melakukan pencarian, namun tidak membuahkan hasil. Kejadian tersebut ditetapkan sebagai kecelakaan pesawat pertama di Australia. Semua penumpang dinyatakan tidak selamat.

Sebelum berpisah, David sempat dihadiahi seperangkat radio kristal oleh ayahnya. Hadiah itu menjadi awal kecintaannya pada dunia sains, yang pada kemudian hari membawanya menjadi penemu alat yang menyelamatkan banyak nyawa.

7 Fakta Black Box, Berwarna Oranye hingga Bisa Mengirim Sinyal Darurat

Awal penemuanblack box

David bekerja sebagai peneliti di Aeronautical Research Laboratory (ARL) di Melbourne pada 1954. Ia terlibat dalam penyelidikan kecelakaan pesawat komersial bertenaga jet pertama di dunia bernama Comet.

Pesawat Comet diluncurkan pada 1952. Akan tetapi, tiga pesawat Comet hilang sesaat setelah lepas landas dan menewaskan semua penumpang.