PPKM Jilid II Berakhir 8 Februari, Lanjut atau Nggak Nih?

PPKM Jilid II Berakhir 8 Februari, Lanjut atau Nggak Nih?

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia -ÂPemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) periode II akan...

Jakarta, CNBC Indonesia -ÂPemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) periode II akan berakhir pada 8 Februari 2021. Timbul pertanyaan, apakah pemerintah akan memperpanjang kebijakan itu selama dua pekan ke depan?
Dalam keterangan pers di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (5/2/2021), Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto memberikan jawaban terkait kelanjutan PPKM.
"Terkait PPKM, kita melihat beberapa daerah itu mengalami penurunan (kasus positif Covid-19), yaitu di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta dalam seminggu terakhir. Tapi bapak presiden (Presiden Joko Widodo) minta supaya lebih mikro lagi, jadi levelnya sudah diturunkan bukan di kabupaten/kota tapi turun ke kecamatan, lurah, kelurahan, maupun desa, RT/RW," ujarnya.


"Pemerintah akan melakukan rapat dengan pimpinan daerah yang akan dilaksanakan malam ini dan tentu diharapkan bahwa kegiatan yang berskala mikro ini segera bisa dioperasionalisasikan dan ini sedang dipersiapkan keseluruhan. Dan tentu ini juga kami akan laporkan ke bapak presiden dan nanti bapak presiden yang akan menetapkan langkah-langkah lanjutannya," lanjut Airlangga.
Pada prinsipnya, menurut Airlangga, arahan Presiden adalah agar kegiatan penanganan Covid itu bisa efektif, tergambar dari penurunan kasus positif Covid-19 dan perekonomian menuju positif di kuartal I-2021.
"Jadi keseimbangan antara pengereman daripada kenaikan angka Covid-19 dan juga di saat yang sama mampu mendorong agar perekonomian masuk di jalur positif. Nah itulah arahan bapak presiden yang perlu diterjemahkan untuk kelanjutan dari pada kegiatan penanganan Covid-19," ujar Airlangga.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)

Berita dengan kategori