Polri Siap Proses Munarman Jika Terbukti Hadiri Baiat ISIS

Polri Siap Proses Munarman Jika Terbukti Hadiri Baiat ISIS

Terbaiknews - Pasukan Densus 88 Antiteror mengawal 26 teroris untuk dibawa ke Rutan Mako Brimob Cikeas saat turun dari pesawat di Bandara Soekarno-HattaTangerangKamis (4/2/2021). (Hanung Hambara/Jawa Pos)

– Polri siap memproses mantan Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman jika terbukti menghadiri baiat masal untuk ISIS. Ancamannya berupa pidana.

“Apabila memang yang bersangkutan (Munarman) ada keterlibatan, tentunya Densus akan memproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hatono kepada wartawan, Sabtu (6/2).

Munculnya rumor kehadiran Munarman dalam baiat masal untuk ISIS dikemukakan oleh salah satu terduga teroris yang ditangkap Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri.

Rusdi mengatakan, Densus 88 mulai bekerja mengusut kegiatan baiat masal di Makassar. Seluruh pihak yang terlibat bakal ditindak tegas sebagaimana undang-undang berlaku. “Itu (baiat masal di Makassar) terjadi pada 2015. Tentunya Densus masih mendalami ini,” imbuhnya.

Sebelumnya, salah satu terduga teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) bernama Ahmad Aulia membuat pernyataan mengejutkan. Pria yang mengaku simpatisan FPI itu menghadiri baiat massal kepada ISIS.

Sementara itu, Ahmad Aulia baru saja ditangkap Densus 88 Antiteror Polri pada 6 Januari 2021. Ditangkap atas dugaan mengikuti baiat massal kepada ISIS pada 2015 silam. Kini dia ditahan di Polda Sulawesi Selatan.

Munarman Bantah Hadir dalam Pembaiatan Simpatisan FPI kepada ISIS

“Saya berbaiat kepada Daulatul Islam. Yang memimpin Daulatul Islam Abu Bakar Al Baghdadi. Saat deklarasi FPI mendukung Daulatul Islam pada Januari 2015 saya berbaiat pada saat itu bersama dengan 100 orang simpatisan dan Laskar FPI,” kata Ahmad melalui video pendek, Kamis (4/2).

Ahmad mengaku baiat massal itu dilaksanakan di markas FPI di Jalan Sungai Limboto, Makassar. Pada saat baiat itu, Munarman yang merupakan salah satu petinggi FPI dilaporkan hadir.

“Saya berbaiat dihadiri oleh Munarman selaku pengurus FPI pusat pada saat itu. Ustad Fauzan, Ustad Basri yang memimpin baiat pada saat itu,” jelasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Berita dengan kategori