Polisi: Editor Metro TV Yodi Prabowo Sempat Tes HIV Sebelum Meninggal

Polisi: Editor Metro TV Yodi Prabowo Sempat Tes HIV Sebelum Meninggal

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat...

Jakarta, IDN Times - Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat mengatakan, editor Metro TV Yodi Prabowo sempat melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Terdapat satu transaksi yang menonjol dari catatan keuangannya yakni melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Dengan menggunakan debit BCA melakukan pembayaran ke RSCM. Pertanyaannya untuk apa uang itu? Dilakukan pemeriksaan lab dan juga konsultasi ke dokter," kata Tubagus dalam keterangannya di Polda Metro Jaya, Sabtu (25/7/2020).

1. Hasil tes HIV Yodi belum diambil sampai akhirnya dia meninggal

Polisi: Editor Metro TV Yodi Prabowo Sempat Tes HIV Sebelum MeninggalTampilan CCTV saat Yodi ke toko perkakas (Dok. Istimewa)

Tubagus mengatakan, Yodi datang ke RSCM guna menemui dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin.

Polisi meyakini ada sesuatu yang dikeluhkan mendiang Yodi, hingga melakukan konsultasi ke dokter dan akhirnya menjalani pemeriksaan guna mencari tahu apakah dia terjangkit HIV atau tidak.

"Hasilnya sampai dia meninggal dunia, belum diambil," ujar Tubagus.

2. Polisi menduga Yodi meninggal bukan karena dibunuh

Polisi: Editor Metro TV Yodi Prabowo Sempat Tes HIV Sebelum MeninggalTangkapan layar rilis kasus kematian Yodi Prabowo oleh Polda Metro Jaya (YouTube/Humas Polda Metro Jaya)

Selain itu, dalam mengungkap kasus ini, pihak kepolisian menduga bahwa Yodi Prabowo meninggal dunia bukan karena dibunuh melainkan kemungkinan mengakhiri hidupnya sendiri.

Hal ini diketahui melalui hasil penyelidikan mulai dari olah TKP, pemeriksaan barang bukti di laboratorium forensik, serta keterangan saksi.

"Dari beberapa faktor penjelasan TKP, saksi ahli, saksi, olah TKP, keterangan yang lain dan bukti petunjuk yang lain, penyidik berkesimpulan diduga kuat melakukan bunuh diri," kata Tubagus.

3. Ayah Yodi kecewa dengan hasil penyidikan

Polisi: Editor Metro TV Yodi Prabowo Sempat Tes HIV Sebelum MeninggalTangkapan layar rilis kasus kematian Yodi Prabowo oleh Polda Metro Jaya (YouTube/Humas Polda Metro Jaya)

Mendengar kabar itu, Suwandi, ayah mendiang Yodi Prabowo mengatakan, tidak terima dan kecewa. Dia tidak yakin sang putra mengakhiri hidupnya sendiri.

“Terus terang sebagai orang tua kecewa dengan kesimpulan itu, karena gak mungkin anak saya bunuh diri,” kata Suwandi dalam wawancara dengan Metro TV, Sabtu (25/7/2020).

Suwandi mengatakan, Yodi tidak menunjukkan ciri-ciri tengah menghadapi depresi, sang anak juga masih bisa bekerja dan mengantarkan ibu serta adiknya ke tempat urut. Dia mengatakan, Yodi berencana membeli laptop baru untuk menambah penghasilan, karena dia akan menikah dalam waktu dekat.

"Kalau orang depresi ini menurut saya yang orang awam, kalau dia depresi itu dia paling tidak gak bisa kerja,” kata Suwandi.