Pertama Kalinya Dalam Tiga Dekade, Penjualan Vinil Berhasil Lampaui CD

Pertama Kalinya Dalam Tiga Dekade, Penjualan Vinil Berhasil Lampaui CD

Terbaiknews - Ilustrasi: Mendengarkan musik lewat vinil. (The Vinyl Factory)

– Terlepas dari banyaknya platform untuk musik digital saat ini, baik melalui etalase digital atau layanan streaming, tampaknya masih ada celah untuk format fisik. Meskipun kami tidak melihat pita kaset dihidupkan kembali dalam waktu dekat, vinil tampaknya kembali populer sekali saat ini.

Faktanya, menurut angka terbaru oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA), mereka mengklaim bahwa untuk pertama kalinya sejak 1980-an, vinil benar-benar berhasil terjual lebih banyak daripada CD. Penjualan CD sendiri memang agak rendah sejak format digital diperkenalkan. Tetapi melihat format yang lebih lama bangkit kembali dan mendapatkan kekuatan di zaman sekarang, ini sangat mengesankan.

Menurut RIAA, penjualan album vinil naik 4 persen dari paruh pertama pada 2019 dan sekarang menyumbang USD 232 juta atau setara dengan Rp 3,4 triliun dalam penjualan. Meski demikian, ini sama sekali tidak menunjukkan bahwa vinil akan menggantikan musik digital dalam waktu dekat.

Vinil mungkin hanya akan tetap pada segmennya saat ini, yakni kalangan penghobi saja. Meski demikian, saat ini juga mulai kembali banyak beberapa bisnis kembali ke produksi vinil utamanya pelaku bisnis rekaman.

Sedangkan untuk streaming, tidak mengherankan mengetahui bahwa ia memimpin paket yang menyumbang 85 persen dari pendapatan musik yang direkam. Angkanya juga sangat tinggi yakni mencapai USD 4,8 miliar atau berkisar Rp 71,3 triliun.

Saksikan video menarik berikut ini: