Pertama Kali dalam Sejarah, Merapi Punya 2 Kubah Lava, Apa Itu?

Pertama Kali dalam Sejarah, Merapi Punya 2 Kubah Lava, Apa Itu?

Terbaiknews - KOMPAS.com - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan,...

KOMPAS.com - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan, saat ini ada dua kubah lava di Gunung Merapi.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida mengatakan, adanya dua kubah lava di fase erupsi ini baru pertama kali terjadi.

"Baru kali ini dalam sejarah GunungMerapi mempunyai dua kubah lava," ujar Hanik Humaida dalam siaran informasi BPPTKG "Aktivitas Gunung Merapi Terkini" secara daring, Jumat (5/2/2021).

Dua kubah lava di Gunung Merapi ini, yang satu berada di sisi Barat Daya, di atas lava 1997.

Sementara, satu lagi berada di tengah kawah Gunung Merapi. Kubah lava yang ada di tengah kawah ini mulai teramati pertumbuhanya pada 4 Februari 2021.

BPPTKG: Gunung Merapi Memasuki Fase Erupsi Efusif

Lalu, apa yang dimaksud kubah lava?

Kubah lava

Hanik menjelaskan, disebut kubah lava karena magma yang mengalir di permukaan mengalami pengurangan tekanan dan suhu sehingga membeku membentuk suatu bentuk seperti kubah.

Menurut ahli vulkanologi sekaligus mantan Kepala Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Surono, lava yang keluar dari kepundan gunung keluar ke permukaan dalam kawah, mendingin sebagian atau seluruhnya dan membeku sehingga membentuk gundukan yang disebut kubah lava.

Surono menyebutkan, lava tersebut keluar melalui saluran yang rapuh dan mudah diterobos.

"Jika keluarnya lava ke permukaan kawah terhalang, maka lava mancari jalan yang lebih mudah. Bisa saja tidak di tempat yang sama, tidak aneh juga, itu alami," kata Surono kepada Kompas.com, Sabtu (6/2/2021).

Berita dengan kategori