Perkuat Peran Pekerja Sosial Indonesia, Kemensos Lakukan Ini

Perkuat Peran Pekerja Sosial Indonesia, Kemensos Lakukan Ini

Terbaiknews - KOMPAS.com – Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara mengatakanperlu adanya penguatan...

KOMPAS.com – Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara mengatakan, perlu adanya penguatan peran pekerja sosial di Indonesia

"Penguatan itu merupakan bagian dari percepatan proses pembangunan kampus Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung," kata Mensos, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Hal itu dia sampaikan dalam sambutan di kegiatan Pembinaan Sumber Daya Manusia Badan Pendidikan Penelitian dan Penyuluhan Sosial Tahun 2020 di Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial, Jakarta Kamis, 6/02/22.

Dia mengatakan, pembangunan kampus baru erat hubungannya dengan ketersediaan sarana dan prasarana bagi pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) pekerjaan sosial yang disyaratkan dalam Undang-Undang (UU).

Menurutnya, hal ini sejalan dengan diterbitkannya UU No. 14/2019 yang merupakan pengakuan terhadap profesi pekerjaan sosial.

Memasuki 2020, BP3S Kemensos Perkuat Sinergi Kelembagaan dan SDM

“Konsekuensinya, dibutuhkan sarana pembinaan terhadap profesi itu, standarnya diberesin, kami bikin semi kedinasan,” ungkapnya seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Adapun, apa yang dikatakan Juliari berkaitan dengan rencana perubahan Poltekesos yang akan dijadikan kampus semi kedinasan.

Dia pun mengatakan saat ini sedang disusun roadmap-nya.

“Ke depan, kami kombinasikan Poltekesos ini sebagai sekolah semi kedinasan,” jelasnya.

Dengan begitu, bagi siswa yang belajar di sana sudah memiliki satu gambaran masa depannya akan seperti apa.