Penjelasan Lapan soal Lapisan Inversi dan Penyebab Suara Dentuman Misterius

Penjelasan Lapan soal Lapisan Inversi dan Penyebab Suara Dentuman Misterius

Terbaiknews - KOMPAS.com -Dalam dua pekan terakhirdi sejumlah daerah dilaporkan adanya suara dentuman misterius,...

KOMPAS.com -Dalam dua pekan terakhir, di sejumlah daerah dilaporkan adanya suara dentuman misterius, yang tidak diketahui sebabnya.

Di antaranya adalah laporan suara dentuman yang terdengar oleh masyarakat yang tinggal di kawasan Buleleng, Lampung, dan Malang.

Salah satu kemungkinan timbulnya suara semacam itu adalah adanya benda antariksa yang memasuki atmosfer bumi.

Akan tetapi, suara dentuman juga bisa muncul akibat adanya lapisan inversi di atmosfer.

Mengutip penjelasan Tim Reaksi Analisis Kebencanaan (TREAK) dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( LAPAN), lapisan inversi adalah lapisan atmosfer yang hangat berada di atas lapisan atmosfer yang dingin.

"Pada kondisi normal, suhu atmosfer turun bersama ketinggian, sehingga lapisan atmosfer yang dingin berada di atas lapisan atmosfer yang hangat," demikian penjelasan Lapan.

Namun, pada lapisan inversi terjadi sebaliknya. Lapisan atmosfer yang hangat berada di atas lapisan atmosfer yang dingin. Oleh karena itu, disebut inversi (terbalik).

Tak Ada Mendung Tak Ada Petir, Kok Bisa Ada Suara Dentuman?

Proses terjadinya lapisan inversi

Menurut TREAK, lapisan inversi biasa terjadi pada malam dan dini hari, karena udara di dekat permukaan mendingin (pendinginan radiatif), sementara udara di atasnya tetap hangat.

Lapisan inversi juga dapat terjadi karena aliran udara hangat/dingin (adveksi) dan bertemunya udara hangat/dingin (front).

"Lapisan inversi merupakan sesuatu yang biasa dan normal terjadi dalam dinamika atmosfer," demikian penjelasannya.

Berita dengan kategori