Pengusaha Siap Vaksinasi Mandiri, Ini Vaksin yang Dipakai!

Pengusaha Siap Vaksinasi Mandiri, Ini Vaksin yang Dipakai!

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Pelaku usaha swasta terus bersiap dalam menyambut vaksinasi mandiri....

Jakarta, CNBC Indonesia - Pelaku usaha swasta terus bersiap dalam menyambut vaksinasi mandiri. Namun, pelaksanaannya perlu memerhatikan banyak hal, misalnya dalam pemilihan vaksin. Pemerintah memberi indikasi bahwa perlu ada perbedaan antara vaksin untuk vaksinasi gratis dari pemerintah maupun vaksinasi mandiri yang juga gratis oleh perusahaanÂswasta.

Hingga saat ini, Indonesia menggunakan vaksin Sinovac asal China dalam proses vaksin perdana. Kriteria pemilihan Sinovac karena sudah lulus WHO dan disetujui oleh BPOM, karenanya untuk vaksinasi mandiri harus berbeda. Selain itu vaksin Pfizer, Novavax, AstraZeneca, dan ModernaÂsudah dipesan pemerintah.Â

"Harus dibedakan antara vaksin gratis dengan vaksin mandiri, mungkin betul arahnya ke Sinopharm, Pfizer, Johnson n Johnson, ke arah situ," kata Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan P. Roeslani kepada CNBC Indonesia, Kamis (4/2/21).


Meski mengarah ke beberapa vaksin itu, namun hingga kini belum ada vaksin yang benar-benar menjadi pilihan untuk vaksinasi mandiri karena aturan mainnya masih disusun pemerintah. Proses pemilihan harus melalui pertimbangan yang matang, baik dari segi mutu maupun biayanya.

"Kita meeting juga terakhir dengan Pemerintah dua hari lalu, terkait regulasi sedang dibuat, dipercepat, diharapkan Februari selesai, dan vaksinasi masuk, sehingga harapannya Maret sudah mulai jalan," jelasnya.

Demi menyambut program ini, Rosan mengklaim sudah banyak perusahaan yang berminat untuk ikut serta, baik dari perusahaan besar hingga usaha mikro kecil dan menengah, bahkan ada juga perusahaan yang ingin memberi vaksin bagi warga sekitar pabrik atau perusahaan. Namun, dalam pelaksanaannya perlu ada satu hal yang menjadi perhatian.

"Pemerintah sampaikan yang penting penerima vaksin itu tidak membayar atau gratis, itu yang penting. Mau diberi perusahaan itu nggak masalah, asal penerimanya tetap gratis. Termasuk masyarakat sekitar perusahaan boleh aja asal gratis dibayar perusahaannya," kata Rosan.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Berita dengan kategori