Pengguna MacBook Tak Boleh Tutup Kamera Sembarangan, Ini Alasannya

Pengguna MacBook Tak Boleh Tutup Kamera Sembarangan, Ini Alasannya

Terbaiknews - Ilustrasi: Penggunaan kamera MacBook (IMore)

– Apple mendesak pemilik MacBook untuk tidak menutup kamera perangkat mereka dengan alasan apapun termasuk privasi. Raksasa teknologi yang bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat (AS) itu memperingatkan bahwa menutup MacBook, MacBook Air atau MacBook Pro dengan penutup kamera dapat merusak layar.

Apple menjelaskan, jika menutup MacBook dengan penutup kamera terpasang, dapat merusak layar karena jarak antara layar dan keyboard dirancang untuk toleransi yang sangat ketat. “Menutupi kamera internal juga dapat mengganggu sensor cahaya sekitar dan mencegah fitur seperti kecerahan otomatis dan True Tone tidak berfungsi,” jelas Apple seperti dilansir dari Mirror, Kamis (23/7).

Apple menyarankan bahwa sebagai alternatif untuk menggunakan penutup kamera, pengguna MacBook harus mengaktifkan lampu indikator kamera. Dianjurkan menggunakan lampu LED berwarna hijau yang berada di samping kamera pada MacBook Pro atau MacBook Air.

Ketika kamera aktif, lampu LED akan menyala. Apple meyakinkan kamera tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga tidak dapat diaktifkan begitu saja. Lampu tidak akan menyala jika kamera mati.

“Kamera HD FaceTime yang ada di dalam komputer Mac Anda dirancang dengan mempertimbangkan privasi Anda dan menggunakan lampu indikator kamera yang bersinar hijau saat kamera aktif. Jadi, pengguna akan selalu tahu kapan kamera aktif,” lanjut penjelasan Apple.

Kamera tersebut direkayasa sehingga tidak dapat diaktifkan tanpa lampu indikator kamera juga menyala. Apple juga menyoroti bahwa sebagai langkah keamanan tambahan, pengguna dapat mengontrol aplikasi yang memiliki akses ke kamera. Mereka menjelaskan, sebelum aplikasi apa pun dapat menggunakan kamera di macOS Mojave atau yang lebih baru, harus memberikan izin terlebih dahulu.

Untuk melihat aplikasi yang memiliki izin untuk menggunakan kamera dan untuk mencabut atau memberikan akses aplikasi, cari tahu cara mengontrol akses ke kamera pada Mac di System Preferences.

Terakhir, jika pekerjaan mengharuskan pengguna untuk menggunakan penutup kamera pada Macbook, Apple menyarankan memilih penutup yang tidak lebih tebal dari rata-rata selembar kertas printer. Jika memasang penutup kamera yang lebih tebal dari 0,1 mm, lepaskan penutup kamera sebelum menutup MacBook.