Penduduk Indonesia yang Mengenyam Perguruan Tinggi Cuma 8,5 Persen

Penduduk Indonesia yang Mengenyam Perguruan Tinggi Cuma 8,5 Persen

Terbaiknews - – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengatakan...

– Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengatakan bahwa penduduk yang mencapai jenjang pendidikan tinggi masih rendah di Indonesia. Berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasionel (Susenas) pada 2017, penduduk yang berpendidikan tinggi hanya 8,5 persen dari total penduduk berusia 15 tahun ke atas.

Kata Hasto, angka pada 2017 itu belum jauh berubah sampai saat ini. Dia juga mengungkapkan bahwa mayoritas penduduk Indonesia hanya berada pada jenjang menengah pertama.

“Mayoritas penduduk kita yaitu 65 persen berpendidikan kurang dari SMP,” jelas dia dalam webinar Implikasi Hasil Sensus Penduduk 2020 Terhadap Kebijakan Pembangunan Kependudukan, Kamis (4/2).

57 Persen Perguruan Tinggi Indonesia Masih Terakreditasi C

Oleh karenanya, menurut dia hal tersebut yang akan menjadi tantangan perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia. Apalagi, masih banyaknya anak usia pendidikan yang mengalami stunting atau kondisi gagal tumbuh yang menyebabkan mereka kesulitan dalam mencapai hasil maksimal.

“Tingkat kecerdasan anak Indonesia berada pada urutan 72 dari 78 negara. 54 persen dari angkatan kerja sekarang ini adalah mantan penderita stunting,” ucapnya.

Selain itu, dunia pendidikan juga menghadapi tantangan perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi (iptek). Hasto mengatakan bahwa hal ini akan menjadi tantangan bagi Indonesia.

“Pendidikan harus mempersiapkan SDM yang mampu bersaing, menghadapi tantangan global dan juga penyelenggaran dunia pendidikan dengan kebutuhan dunia kerja secara digital harus disesuaikan,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Berita dengan kategori