Penarik Betor Minta Lebih Diperhatikan Wali Kota Medan Mendatang

Penarik Betor Minta Lebih Diperhatikan Wali Kota Medan Mendatang

Terbaiknews - Penarik Betor di Kota Medan. Mereka berharap diperhatikan. (For JawaPos.com)

– Becak bermotor (betor) adalah salah satu moda transportasi khas dari Kota Medan. Para penariknya kini mulai menghadapi sejumlah tantangan dengan perkembangan digitalisasi.

Supiono, koordinator Komunitas Abang Betor Medan menuturkan, saat ini moda transportasi betor menghadapi tantangan berat dengan keberadaan ojek online. Akan tetapi kehadiran ojek online bukan harus dibenturkan dengan Betor melainkan saling melengkapi. Hanya saja, umumnya pemahaman teknologi dari Abang Betor rata-rata sangat minim.

“Kami butuh pemimpin atau wali kota mendatang yang bisa menyiapkan inovasi untuk kami agar bisa mendapat penghidupan lebih baik lagi dari usaha betor ini,” ujar Supiono kepada wartawan di Medan, Senin (12/10).

Menurut dia, Betor adalah ikon Kota Medan yang mesti dilestarikan dan disejahterakan. Mereka harus diperhatikan oleh wali kota yang memimpin Medan pada periode mendatang. Misalnya, dari keadaan armada, peremajaan kendaraan agar lebih ramah lingkungan. “Kami butuh diayomi,” sambung Supiono.

Pembina Komunitas Abang Betor Medan Imam Syuhada Akbar berpendapat, komunitas abang betor merupakan akar rumput masyarakat yang harus diperhatikan. Nasib mereka mulai tersisihkan semenjak kemajuan teknologi digital. Penumpang kerap lebih memilih ojek online karena mereka mendapat beragam promosi. “Kita bagaimana memberi promo ongkos. Palingan layanan atau servis yang kami tingkatkan,” kata Imam Syuhada Akbar.

Sebelumnya sejumlah komunitas betor di Kota Medan mendeklarsikan diri mendukung pasangan Bobby Nasution-H. Aulia Rachman untuk maju di Pilwai Medan. Deklrasi dukungan itu berlangsung di empat titik, yaitu di Lapangan Merdeka, Center Point, Titi Bobrok dan Ringroad City Walk (RCW), pada Minggu (11/10).

Deklarasi itu dibarengi pembagian masker dan stiker kepada para pengguna jalan. Para penarik betor itu meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan.

Saksikan video menarik berikut ini: