Pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN Meningkat di Masa Pandemi

Pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN Meningkat di Masa Pandemi

Terbaiknews - Ilustrasi peserta JKN-KIS memanfaatkan aplikasi dalam pengurusan layanan kepesertaan BPJS Kesehatan. (BPJS Kesehatan for JawaPos.com)

JawaPos.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid-19 terus memberikan yang terbaik dalam hal pelayanan. Salah satu upayanya adalah kemudahan akses melalui aplikasi Mobile JKN.

Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta Andayani Budi Lestari menyampaikan bahwa saat ini tingkat penggunaan meningkat signifikan. Hal itu disebabkan oleh perubahan perilaku masyarakat akibat pandemi.

“Pada April dan ada PSBB (pembatasan sosial berskala besar), mulai penularan terjadi, pemanfaatan Mobile JKN mulai meningkat. Kami baru bisa pecah telor 10 juta (pengguna) itu karena pandemic Covid ini, dulu orang masih sering ke kantor BPJS Kesehatan,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan bahwa Mobile JKN ini memberikan beragam kemudahan dalam hal pelayanan. Di mana dulu informasi, masyarakat masih melakukan kunjungan ke kantor cabang BPJS Kesehatan, sekarang lewat gawai hal itu dapat terfasilitasi.

Fitur-fitur yang sering digunakan adalah pindah alamat, kemudian perubahan FKTP, kelas, pendaftaran, permintaan informasi sampai pengaduan.

“Dulu kan tanya ke kantor cabang, sekarang kami bersyukur kanal-kanal yang kami siapkan mulai meningkat dan harapannya terus bisa dimanfaatkan. Begitu juga pengaduan bisa memanfaatkan kanal yang ada (Call Center),” tambah dia.

Dalam hal ini ia menyampaikan agar aplikasi Mobile JKN dapat tetap digunakan apabila pandemi telah berakhir. Harapannya dengan kemudahan ini, masyarakat jadi bisa memanfaatkan waktu yang ada semaksimal mungkin untuk aktivitasnya sehari-hari.

“Kami berharap ini menjadi solusi bagi para peserta untuk tidak datang ke kantor kami. Kami berharap kalau butuh pelayanan administrasi tidak perlu ke kantor BPJS Kesehatan,” tutup Andayani.