Parah! Toko-Toko di Mal Banyak Ditutup Hordeng, Bangkrut?

Parah! Toko-Toko di Mal Banyak Ditutup Hordeng, Bangkrut?

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Di tengah sulit perekonomian yang terdampak karena Covid-19gelombang PHK...

Jakarta, CNBC Indonesia - Di tengah sulit perekonomian yang terdampak karena Covid-19, gelombang PHK karyawan pun tidak akan terelakanÂbagi banyak sektor usaha termasuk ritel di mal-mal.

Dewan Penasihat Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), Handaka Santoso pun memaparkan fakta yang terjadi di dalam perusahaan ritel yang sebenarnya.

"Sebetulnya kalau kita menyampaikan nanti seperti menakut-nakuti ya. Mari kita survei saja ke pusat belanja berapa banyak toko yang dipasang hordeng di depannya. Dari situ kita keliatan berapa yang tutup. Jadi jangan diperparah lagi tapi kita tetap ketatkan dalam penerapan 5 M. Kami mendukung arahan bapak Presiden," kata Handaka dalam program Power Lunch CNBC Indonesia, Rabu (3/2/2021).


Dia menuturkan ada banyak para pelaku usaha yang terpaksa melakukan pengurangan tenaga kerja, baik dirumahkan hingga pemutusan kontrak kerja.

Dalam upaya menekan PHK dan mendorong daya tahan sektor ritel, dia pun mengharapkan pemerintah tetap meneruskan insentif, salah satunya subsidi upah bagi karyawan bergaji di bawah Rp 5 juta minimal sampai Idul Fitri.

"Pengurangan yang kami lakukan ada bermacam-macam seperti merumahkan dan kerjanya bergantian, ada yang sudah mengurangi hingga 10-20 persen.

Kami berharap agar pemerintah bisa tetap melanjutkan subsidi ini karena kami sudah mengeluarkan biaya tambahan saat ini," paparnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Berita dengan kategori