Panti Jompo di AS Ini Nol Kasus Corona, Bagaimana Caranya Melindungi Lansia?

Panti Jompo di AS Ini Nol Kasus Corona, Bagaimana Caranya Melindungi Lansia?

Terbaiknews - KOMPAS.com - Kasus Covid-19 di Amerika Serikat terus bertambah. Kinikasus infeksi virus corona di...

KOMPAS.com - Kasus Covid-19 di Amerika Serikat terus bertambah. Kini, kasus infeksi virus corona di negara itu telah melebihi 4 juta kasus.

Namun, sebuah panti jompo di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat membuat orang sekitarnya heran karena tak ada kasus infeksi virus corona ditemukan di dalamnya.

Lansia merupakan salah satu orang yang berisiko atau rentan. Bagaimana panti asuhan itu bisa melindungi orang-orang di dalamnya dari paparan virus corona?

MelansirThe Washington Post, Jumat (24/7/2020), panti jompo bernama Maryland Baptist Aged Home itu "tersembunyi" di antara perkampungan kumuh dan fasilitas rehabilitasi narkoba.

Panti itu melayani lansia terutama yang berpenghasilan rendah.

Panti jompo berusia 100 tahun itu dinilai terhindari dari penularan virus corona karena beberapa faktor.

Pertama, populasinya relatif kecil (hanya 29 orang), memiliki pengalaman dalam pengendalian infeksi, dan staf yang berdedikasi.

"Kami terbiasa menjadi yang terakhir untuk mendapatkan bantuan jika dan ketika datang. Kami tahu bahwa ketika virus datang, kami harus menjaga diri kami sendiri, karena tidak ada orang lain yang mau," kata Direktur Panti Jompo, Dr. Derrick (53).

Ibu Hamil, Balita, dan Lansia Dianjurkan Tidak ke Mal Selama Masa Adaptasi New Normal

Penguncian

Saat virus corona menyebar, panti jompo menerapkan kuncian penuh atau lockdown.

Panti itu melarang adanya pengunjung yang datang, mereka berhenti makan bersama, dan memesan peralatan pelindung dua minggu sebelum infeksi pertama dilaporkan di Baltimore.