Pancaroba di Surabaya hingga Awal November

Pancaroba di Surabaya hingga Awal November

Terbaiknews - PERGANTIAN MUSIM: Sekelompok anak bermain air di kolam air mancur di Taman Kombespol M. Duryat saat hujan turun kemarin sore. Hujan yang terjadi kemarin menandakan awal pancaroba. (Riana Setiawan/Jawa Pos)

– Cuaca Surabaya, Sabtu (10/10) berbeda dengan pekan-pekan sebelumnya. Sejak siang, awan menutupi langit Kota Pahlawan. Sekitar pukul 16.00, sebagian wilayah mendapatkan guyuran hujan. Intensitasnya ringan hingga sedang.

Perubahan kondisi cuaca itu, menurut prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya Adi Hermanto, menunjukkan bahwa Oktober telah memasuki masa pergantian musim. Atau yang disebut pancaroba. Tipe cuaca di musim tersebut didominasi dengan hujan berdurasi singkat.

”Hujannya singkat, biasanya disertai dengan petir dan angin kencang,” katanya kemarin. Menurut dia, hal yang terjadi kemarin termasuk situasi yang normal. Sebab, masuk musim peralihan dari kemarau ke musim hujan.

Adi mengungkapkan, pancaroba diprediksi berlangsung mulai awal Oktober sampai awal November. Kemudian, pada pertengahan hingga akhir November diprediksi memasuki musim hujan.

Dia mengimbau, pada musim pancaroba ini, warga metropolis menjaga imunitas tubuh. Cuaca tak menentu. Kemudian, perlu diwaspadai ketika melihat awan gelap untuk berteduh di gedung yang kukuh dan tidak di bawah pohon. ”Karena pancaroba itu ada petirnya. Berkendara juga harus hati-hati,” tuturnya.

Saksikan video menarik berikut ini: