Minggu Depan, 30 Bioskop di Jakarta Bakal Buka Lagi

Minggu Depan, 30 Bioskop di Jakarta Bakal Buka Lagi

Terbaiknews - USIR LEMBAP: Petugas perawatan gedung bioskop saat sedang membersihkanmerawatdan menyemprotkan disinfektan ke bioskop secara berkala. (Cinema XXI for Jawa Pos)

– Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah mengumumkan melonggarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan status transisi mulai Senin (12/10) besok. Beberapa aktivitas sosial di ruang publik kembali dibuka, salah satunya adalah bioskop. Namun, dalam dokumen Pemprov DKI Jakarta pembukaan bioskop harus menerapkan menerapkan maksimal dengan kapasitas sebesar 25 persen.

Ketua Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin mengatakan, pihaknya akan mengkaji terkait kapasitas tersebut secara internal. Sebab, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, khususnya terkait penyelenggara film.

“Kami akan menyikapi dan mengkaji secara internal dari 50 persen ke 25 persen. Karena tergantung penyelenggara film mau atau enggak market 25 persen,” ujarnya kepada JawaPos.com, Minggu (11/10).

  • Pemprov DKI Izinkan Bioskop Beroperasi, Tapi Duduknya Harus Berjarak

Djonny menyebut, pihaknya akan melakukan pembahasan secara internal pada Rabu 14 Oktober 2020 mendatang. “Pokoknya kami mengikuti aturan Pemda. nanti Rabu 14 Oktober kami akan diskusi terkait hal ini,” ucapnya.

Dalam aturan transisi, terdapat syarat yang harus dipatuhi oleh penyelenggara biosko diantaranya, jarak antar tempat duduk diatur minimal 1,5 meter, pengunjung tidak diperkenankan lalu lalang ataupun berpindah tempat duduk selama film diputar.

“Secara protokol kesehatan kan sudah berkali-kali itu ya di evaluasi, sudah tiga kali semua siap,” tuturnya.

Djonny mengungkapkan, jika pertunjukan bioskop di Jakarta diizinkan beroperasi, maka akan ada 30 bioskop yang akan beroperasi. “Pokoknya kalau jakarta bioskop boleh buka, akan ada 30 gerai nanti ikut buka. Kenapa Jakarta karena filmnya dari Jakarta,” imbuhnya.

Djonny menyebut, bioskop yang telah dibuka di luar daerah Jakarta semua berlangsung aman. Bahkan, hingga saat ini tidak ada bukti penularan Covid-19 berasal dari bioskop. “Toh untuk daerah-daerah yang diperbolehkan semua aman-aman saja kok. Kan semua diawasi juga oleh Pemda dan ngga kenapa-kenapa,” tutupnya.