Microsoft Izinkan Karyawannya Bekerja dari Rumah secara Permanen

Microsoft Izinkan Karyawannya Bekerja dari Rumah secara Permanen

Terbaiknews - KOMPAS.com - Perusahan raksasa teknologi Microsoft telah memberitahu para karyawannya bahwa mereka...

KOMPAS.com - Perusahan raksasa teknologi Microsoft telah memberitahu para karyawannya bahwa mereka akan memiliki opsi untuk bekerja dari rumah atau work from home ( WFH) secara permanen dengan persetujuan manajer.

Langkah itu menyusul sejumlah perusahaan kompetitor lainnya di AS seperti Facebook dan Twitter yang lebih dulu membuka opsi bekerja jarak jauh menjadi permanen.

Pandemi virus corona yang melanda dunia sejak akhir 2019 memaksa perubahan pola kerja di seluruh dunia.

Microsoft mengatakan, beberapa posisi akan tetap dibutuhkan kehadirannya secara langsung, seperti mereka yang membutuhkan akses ke hardware.

Akan tetapi banyak staf juga dapat bekerja paruh waktu dari rumah tanpa memerlukan persetujuan formal dari manajer mereka.

"Tujuan kami adalah untuk mengembangkan cara kami bekerja dari waktu ke waktu dipandu oleh input karyawan, data, dan komitmen kami untuk mendukung gaya kerja individu dan kebutuhan bisnis, sambil menjalankan budaya kami," kata juru bicara Microsoft, dikutip dari BBC, Jumat (9/10/2020).

Karyawan Facebook Bisa WFH hingga Juli 2021

Berdasakan data Kantor Statistik Nasional Inggris yang dirilis pada April 2020, lebih dari 46 persen pekerja melakukan pekerjannya dari rumah.

Itu sebanding dengan AS, ketika 42 persen pekerja melakukan tugas-tugasnya dari rumah, kemudian turun menjadi 35 persen pada Agustus 2020.

Kendati mengalami penurunan, angka itu menandai adanya perubahan besar. Sebab, jumlah pekerja yang melakukan aktivitasnya melalui jarak jauh sebelum pandemi hanya 2 persen.

"Apa yang kami lakukan sekarang sangat tidak biasa," kata profesor ekonomi di Stanford University Nicholas Bloom.